Plt Jubir KPK Ali Fikri: Jangan Beropini Hanya Berdasarkan Persepsi dan Asumsi yang Keliru

Plt Jubir KPK Ali Fikri: Jangan Beropini Hanya Berdasarkan Persepsi dan Asumsi yang Keliru

Sabtu, 08 Januari 2022, 5:00:00 PM
KPK Sedang Menyampaikan Keterangan Pers Atas Peristiwa OTT Walikota Bekasi

Jakarta, pospublik.co.id - Menanggapi pernyataan Ade Puspitasari, Putri Walikota Bekasi, Dr. Rahmat Effendi dalam video yang beredar di medsos yang menyebut Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap sang ayah merupakan politis dan pembunuhan karakter, KPK melalui Plt Juru Bicara, Ali Fikri mengingatkan pihak-pihak agar tidak beropini dengan hanya berdasarkan persepsi dan asumsi yang keliru atau sengaja membangun opini.


"Kami mengingatkan pihak-pihak agar tidak beropini dengan hanya berdasarkan persepsi dan asumsi yang keliru atau sengaja dibangun," kata Ali. 

Plt Jubir KPK Ali Fikri menegaskan, seluruh kegiatan tangkap tangan dilakukan sesuai prosedur hukum yang berlaku.

"KPK juga membuat dokumentasi secara detil, baik foto maupun video sepanjang proses tangkap tangan tersebut. Sangat jelas dan sangat terang bahwa pihak-pihak yang terjaring dalam OTT beserta dengan barang buktinya," kata Ali dalam siaran persnya, Sabtu, (8/1/2022).

Menurut Ali Fikri, yang dikatakan tertangkap tangan adalah sedang melakukan tindak pidana, segera sesudah beberapa saat melakukan, sesaat kemudian diserukan oleh khalayak, atau sesaat kemudian padanya ditemukan benda yang diduga keras telah dipergunakan untuk melakukan tindak pidana.

Berita Terkait:

https://www.pospublik.co.id/2022/01/operasi-tangkap-tangan-walikota-bekasi.html

Ujaran anak Rahmat Effendi tersebut, kata Ali akan memicu kesalahpahaman publik dan membuat gaduh proses penegakkan hukum yang telah taat azas.

"Penanganan perkara oleh KPK tidak pandang bulu dan tentu tidak terkait karena latar belakang sosial politik pelakunya," tegasnya.

Ali mengatakan, KPK segera mengagendakan pemeriksaan para saksi, dan dia berharap kooperatif hadir memenuhi panggilan penyidik, agar proses hukum berjalan efektif.

"Dalam proses pembuktiannya nanti, tentu Majelis Hakim yang punya kewenangan mutlak dan independen untuk memutus apakah para pihak bersalah atau tidak," ujarnya.

Statemen Putri Walikota Bekasi:

Atas OTT sang ayah, Ade Puspitasari angkat bicara. Dalam penggalan video yang beredar di media sosial, Ade mengatakan penangkapan ayahnya bukanlah OTT, lantaran tidak ada transaksi dan juga uang yang diamankan KPK saat itu.

"Saksinya banyak, staf yang di rumah itu saksi semua, bagaimana Pak Wali dijemput di rumah, bagaimana Pak Wali hanya membawa badan. KPK hanya membawa badan Pak Wali, tidak membawa uang sepeser pun," kata Ade saat menghadiri Pelantikan Pengurus Kecamatan (PK) Partai Golkar se-Kota Bekasi di Graha Girsang Jaka Setia, Bekasi Selatan, Sabtu 8 Januari 2022.

Berita Terkait:

https://www.pospublik.co.id/2022/01/seiring-jarum-jam-status-hukum-walikota.html

Saat dikonfirmasi wartawan melalui pesan singkat, putri Wali Kota non-aktif Bekasi sekaligus Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Golkar Bekasi ini membenarkan pernyataannya yang viral di media sosial tersebut. 

Menurutnya, penangkapan sang ayah bermuatan politis karena tidak memiliki unsur sebagaimana OTT pada umumnya.

"Pak Wali beserta KPK tidak membawa uang dari pendopo. Uang yang ada di KPK itu uang yang di luar, dari pihak ketiga, dari kepala dinas, dari camat. Itu pengembangan, tidak ada OTT," ungkapnya dalam video yang beredar dimedsos.

Ade menegaskan ada yang berupaya menjatuhkan nama baik sang ayah dengan melakukan pembunuhan karakter melalui skenario OTT. Ia menduga partainya tengah diincar pihak tertentu.

"Memang ini pembunuhan karakter, memang ini kuning sedang diincar. Kita tahu sama tahu siapa yang mengincar kuning," ujarnya.

Ade juga menyinggung kemungkinan berkoalisi dengan partai tertentu pada 2024, untuk memenangkan Golkar memimpin Kota Bekasi.

"Tapi nanti 2024, jika kuning koalisi dengan orange, matilah warna yang lain," tegas Ade yang disambut tepuk tangan para kader. (MA) 

(Artikel ini Sudah Tayang di Liputan6.com dengan Judul: OTT Rahmat Effendi Dituding Bermuatan Politis, KPK: Jangan Berasumsi)

TerPopuler