Proyek Rehab Saluran Milaran Rupiah Dikerjakan Diduga Tak Sesuai Spek

Proyek Rehab Saluran Milaran Rupiah Dikerjakan Diduga Tak Sesuai Spek

Sabtu, 26 November 2022, 2:24:00 AM

 

Proyek yang Diduga Dikerjakan Asal Jadi
Bekasi, pospublik.co.id - Proyek Rehablitasi Saluran sejajar Jl. K.H. Nur Ali, Kelurahan Jakasampurna, Kecamatan Bekasi Barat, diduga keras dikerjakan asal jadi. Dugaan itu tampak dari pemasangan U-Ditch yang tidak presisi antara U-Ditch yang satu dengan U-Ditch selanjutnya.



Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA)  Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi ini menurut informasi merupakan Dana Bagi Hasil dari Provinsi Jawa Barat senilai Rp.2.584.513. 000,-  Tahun Anggaran (TA) 2022.


Dana bagi hasil yang dialokasikan untuk Rehab Saluran ini, melalui Tender Dimenangkan oleh PT. Mata Intan Cahaya. Berdasarkan perjanjian Kontrak/SPK Nomor: 620/40/SP/DBSDA-SDA/01.06- 31039225/2022, masa pelaksanaan ditetapkan 90 hari kerja sejak tanggal (29/8/2022) hingga (27/11/2022).

Anggaran Miliaran Rupiah, Kondisinya Seperti Ini
Ironinya, berdasarkan pengamatan dilokasi proyek, terlihat fisik kegiatan tak sepadan dengan nilai anggaran yang digelontorkan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBM & SDA) untuk Rehab Saluran tersebut.

Pasalnya, kuat dugaan pemasangan U-Ditch tanpa lantai kerja sehingga permukaannya  tidak rata, dan sambungan antara U-Ditch yang satu dengan selanjutnya tidak presisi (Tampak dalam Gambar), hingga elevasi saluran ini pun patut dipertanyakan.


Warga sekitar yang enggan disebut namanya juga mengaku heran kondisi proyek tersebut bisa seperti itu. "Dimana Konsultan pengawas dan pengawas internal dari Dinas pengguna anggaran, kenapa dibiarkan saja kontraktor berkerja seenaknya," ujarnya.


Ketika hal ini hendak dikonfimasi kepada Kepala  Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Bekasi, Jumat (25/11/2022), menurut salah seorang stafnya, Ismi Pimpinannya sedang rapat dikantor Walikota. Ismi menyaramkan, kalau mau konfirmasi lewat surat aja. (MA)



TerPopuler