Jadikan Momentum Hari Pahlawan Menjadi Motivasi Memperkuat Kesatuan dan Persatuan Bangsa

Jadikan Momentum Hari Pahlawan Menjadi Motivasi Memperkuat Kesatuan dan Persatuan Bangsa

Rabu, 09 November 2022, 9:33:00 PM

Foto Bersama Lapas Cikarang Detik detik Peringatan Hari Pahlawan Nasional
Bekasi, pospublik.co.id - Memperingati Hari Pahlawan ke-77 yang jatuh pada 10 November setiap tahunnya, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cikarang gelar apel bersama untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur merebut kemerdekaan NKRI.


Apel bersama ini merupakan tindaklanjut Surat Edaran Sekretaris Jenderal MenkumHAM Nomor : SEK-UM.04.01-380 Tanggal 04 November 2022 Perihal Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional ke-77 di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

Acara peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November ini dihadiri Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Barat, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cikarang, Pejabat Struktural dan dimerihkan seluruh Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cikarang.

Dalam acara tersebut, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Propinsi Jawa Barat bertindak sebagai Inspektur Upacara. Sementara Kepala Seksi Bimbingan Narapidana/Anak Didik bertindak sebagai Perwira Upacara, dan Kepala Subseksi Registrasi bertindak sebagai Komandan Upacara.

Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-77 ini diawali dengan pengibaran bendara yang kemudian  dilanjutkan hening cipta untuk mengenang jasa para pahlawan kemerdekaan yang gugur melawan penjajah.

Kemudian dilakukan pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara yang diikuti seluruh peserta upacara, dilanjutkan dengan pmbacaan teks Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 

Dalam kesempatan itu, Inspektur Upacara juga membacakan naskah amanat Menteri Sosial tentang peringatan hari Pahlawan tahun 2022 ini.

Hari Pahlawan Tahun 2022 oleh KemenkumHAM mengangkat tema: "Pahlawanku Teladanku" mengingatkan perjuangan dan Pengorbanan para pahlawan dapat menginspirasi dan memotivasi bangsa ini untuk meneruskan pembangunan dan mengisi kemerdekaan dengan penuh tanggung-jawab yang tulus.

Dalam sambutannya, Komandan Upacara menyampaikan, "Dengan Semangat Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat" Bangsa Indonesia diharapkan dapat mengejawantahkan Peringatan  Hari Pahlawan  Tahun 2022 menjadi hikmad dan tidak kehilangan makna.

"Mari kita jadikan Pedoman para pahlawan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa" ucap inspektur upacara di hadapan peserta upacara.

"Diharapkan, seluruh Jajaran Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cikarang supaya menindaklanjuti arahan yang disampaikan Inspektur upacara," ucap Kalapas Kelas IIA Cikarang, Fery Johanes disela acara.

"Mari jadikan momentum Hari Pahlawan ini menjadi motivasi memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia " pesan Feri Johanes.(Vin)

TerPopuler