Kapolri Apresiasi Aksi Demonstrasi Mahasiswa yang Berlangsung Kondusif

Kapolri Apresiasi Aksi Demonstrasi Mahasiswa yang Berlangsung Kondusif

Senin, 11 April 2022, 10:10:00 PM
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo Menyampaikan Keterangan Kepada wartawan

Jakarta, pospublik.co.id - Kapolri, Jenderal Sigit Prabowo, mengapresiasi aksi demonstrasi mahasiswa yang berlangsung 11 April 2022 karena dapat berjalan secara kondusif. Menyampaikan aspirasi di ruang publik dengan tertib dan terkendali patut mendapat apresiasi dari semua pihak.


“Sejak awal, Polri telah berkomitmen memberikan ruang demokrasi bagi kawan-kawan mahasiswa dalam menyampaikan aspirasinya. Alhamdulillah situasi demonstrasi hari ini berjalan damai dan tertib,” ucap Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Senin (11/4/2022).

Dedi mengatakan, aksi unjuk rasa yang digelar mahasiswa tetap menjaga kondusivitas dalam momentum bulan suci Ramadhan. Masyarakat pun dapat menjalankan kegiatannya khusyuk.

Aparat kepolisian kata Dedi, juga mengedepankan pendekatan humanis kepada kelompok mahasiswa yang menyampaikan aspirasinya. Sehingga tidak terjadi tindakan represif sepanjang aksi mahasiswa berlangsung.

“Alhamdulillah, situasi dapat berjalan normal setelah mahasiswa menyampaikan aspirasinya. Kesucian bulan Ramadhan pun tetap terjaga dengan situasi keamanan dan ketertiban yang kondusif,” ujar Dedi.

Menurut Dedi, mahasiswa menyampaikan aspirasi sesuai dengan aturan kebebasan berekspresi. Ketika aspirasi telah diterima dan ditampung, mahasiswa pun langsung membubarkan diri dengan tertib dari Gedung DPR-RI.

Meski demikian, Dedi mengungkapkan, setelah mahasiswa membubarkan diri, diduga ada kelompok yang mencoba membuat kericuhan dengan memprovokasi aparat kepolisian. Namun, situasi kemanan dan ketertiban dapat dikendalikan oleh anggota kepolisian yang bertugas dilapangan.

“Aparat kePolisian saat ini telah mampu mengatasi keadaan. Situasi kamtibmas pun tetap kondusif. Polri pun akan tetap menindak tegas siapapun pihak atau segelintir kelompok yang mencoba menunggangi unjuk rasa. Namun, Bapak Kapolri dan seluruh jajaran sangat mengapresiasi kawan-kawan mahasiswa yang telah tertib dalam menyampaikan aspirasinya,” tutup Dedi.  (MA)

TerPopuler