Satlantas Polres Metro Bekasi Gelar Operasi Keselamatan Jaya 2022

Satlantas Polres Metro Bekasi Gelar Operasi Keselamatan Jaya 2022

Selasa, 01 Maret 2022, 5:48:00 AM

Wakasat Lantas Polrestro Kabupaten Bekasi, Komisaris Polisi (Kompol) Joko
Bekasi, pospublik.co.id - Satuan Lalulintas (Satlantas) Kepolisian Resort Metro Bekasi, gelar Operasi Keselamatan Jaya 2022 di dua titik, yakni: Di perempatan Sentra Grosir Cikarang (SGC) Jln RE Martadinata, Desa Cikarang Kota, Kecamatan Cikarang Utara, dan di depan Terminal Cikarang, Selasa (01/03/2022). 


Operasi ini dipimpin langsung oleh Wakasat Lantas, Kompol Joko bersama jajaran dengan melibatkan Satpol PP dan Dinas Perhubungan. Operasi Keselamatan Jaya ini dilaksanakan mulai tgl 01 s/d 14 Maret 2022. 

Sasaran khusus Operasi ini menurut Wakasat, Kompol Joko bertujuan mengedukasi masyarakat agar selalu mematuhi setuap peraturan demi keselamatan diri sendiri maupun orang lain. Dengan taat berlalu lintas, dan melaksanakan prokes, berarti turut menjaga keselamatan sesama.
Giat Satuan Lalu Lintas Polrestro Kabupaten Bekasi, Mengedukasi Pengguna Lalu Lintas
Dalam giatan ini lanjut Joko, tidak dilakukan tindakan langsung (tilang). Sanksi hanya berbentuk teguran secara persuasif bagi pelanggar. 

Menurut Wakasatlantas Polrestro Kabupaten Bekasivini, ada 7 jenis skala prioritas dalam Operasi Keselamatan Jaya ini, yakni:
  1. Pengemudi Kendaraan  bermotor yang menggunakan HP
  2. Pengemudi Kendaraan bermotor yang masih dibawah umur
  3. Berboncengan lebih dari satu orang
  4. Tidak menggunakan Helm SNI
  5. Mengemudikan Kendaraan bermotor dalam pengaruh minuman
  6. Melawan Arus
  7. Pengemudi Kendaraan R4 yang tidak menggunakan safety Belt.

Kompol Joko mengatakan, mengingat saat ini masih situasi pandemi, jadi dalam Operasi Keselamatan Jaya 2022 ini tidak ada penindakan, hanya berupa himbauan dan tindakan persuasif. 

Menurut Wakasat Lantas ini, pelanggar yang ditemukan didominasi pengendara Roda dua. Namun secara humanis Lantas Polres Metro Bekasi hanya menegur dan mengarahkan para pelanggar. 

"Yang kedapatan melanggar, seperti tidak memakai masker, kita berikan masker secara gratis. Yang tidak memakai Helm kita sarankan agar memakai helm. Bagi yang melawan arah kita sarankan agar putar balik sambil diedukasi. Jadi giat ini benar-benar mendewasakan masyarakat agar mematuhi peraturan berlalulintas dan  Prokes," ujar Kasat Lantas ini mengakhiri. (Vin)

TerPopuler