Pertumbuhan Ekonomi Taput 1, 50 persen, Tertinggi dari Kabuputaen/Kota Di Sumut

Pertumbuhan Ekonomi Taput 1, 50 persen, Tertinggi dari Kabuputaen/Kota Di Sumut

Rabu, 31 Maret 2021, 12:37:00 AM

Bupati Taput Pimpin Musrenbang RKPD Kabupaten Taput

Keterangan Foto: Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan, MSi pimpin Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2022, di Sopo Partungkoan, Rabu (31/03).


Tarutung, pospublik.co.id - Bupati Tapanuli Utara, Drs. Nikson Nababan, MSi dan Ketua DPRD, diwakili, Fatimah Hutabarat, SE, bersama Dandim 0210/TU Letkol Czi. Agus Widodo, Kapolres Taput AKBP Muhammad Saleh, Ketua PN Golom Silitonga, MHum, Ketua Pengadilan Agama dan Kakan Kemenag, gelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Daerah di Sopo Partungkoan Tarutung, Rabu (31/03).


Musrembang dilakukan dalam rangka membahas Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2022.

Agenda musrembang tersebut, diikuti Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara, Indra Simaremare, MSi, Asisten I, Parsaoran Hutagalung , Asisten  II Osmar Silalahi, Asisten III Binhot Aritonang dan seluruh Pimpinan OPD.

"Persoalan di Taput dari mulai awal kepemimpinan saya adalah infrastruktur jalan dan jembatan. Sampai saat ini sudah 60 persen kita selesaikan dan masih ada sisa 40 persen yang harus dituntaskan hingga akhir jabatan saya," ujar Bupati mengawali sambutannya. 

Bupati menyebut, ditengah pandemi ini, rata rata kabupaten/kota mengalami minus pertumbuhan ekonomi. Tetapi Taput tidak minus.  "Untuk kabupaten/kota di daratan Sumatera, pertumbuhan ekonomi Taput tertinggi di tengah pandemi ini, yaitu sebesar 1,50 %," pungkasnya.  

Muserembang yang dihadiri Kadis Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara Ardan Nur mewakili Gubernur Sumut,  Bupati juga menyampaikan pertumbuhan ekonomi didorong sinergitas UMKM yang terus berupaya memulihkan ekonomi rakyat. 

"Kita juga akan menyusun kesepakatan dengan supermarket yang ada di Taput, agar tetap menjual produk UMKM. Paling tidak ada satu lorong di supermarket memajang produk UMKM Taput," tandasnya. 
Ketua TP PKK Kabupaten Taput, Satika Simamora Tak Henti-Henti Edukasi Ibu-Ibu PKK Untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Lewat UMKM

Sedangkan untuk pertanian dan peternakan, lanjut Bupati, harus didorong untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. "Bantuan bibit pertanian, dan ternak tetap kita lakukan. Kita langsung sentuh yang berhubungan langsung dengan masyarakat untuk bisa memulihkan ekonomi saat ini," tutup Bupati. 

Gubernur Sumatera Utara yang diwakili Kadispora Provinsi Sumatera Utara, Ardan Nur dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas penyusunan RKPD Kabupaten Tapanuli Utara ini.

Musrenbang yang dihadiri Forkopinda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) ini menurut Ardan Nur sangat penting dan strategis dalam menjabarkan Visi Misi Taput kedepan. 

"RKPD tentu sudah berdasarkan hasil evaluasi yang disesuaikan dengan pertumbuhan ekonomi sosial," ujar Ardan Nur selaku Kadispora Provinsi Sumatera Utara mewakili Gubernur. (HP)


TerPopuler