Menag Apresiasi Pembangunan Kantor Kemenag Oleh Pemkot Bekasi

Menag Apresiasi Pembangunan Kantor Kemenag Oleh Pemkot Bekasi

Senin, 08 Maret 2021, 8:19:00 AM
Menteri Agama, KH. Yaqut Cholil Qoumas
Menyampaikan Sambutan Dalam Peresmian Kantor Kemenag Di Kota Bekasi, Senin (08/3/2021)

Kota Bekasi, pospublik.co.id - Peresmian Kantor Kementerian Agama di Jl. Jend. Ahmad Yani, Kota Bekasi dengan APBD Kota Bekasi, dihadiri Menteri Agama, KH. Yaqut Cholil Qoumas. Kehadiran Menteri Agama tersebut menurut Walikota Bekasi, DR. Rahmat Effendi merupakan suatu kehormatan bagi masyarakat, khusnya Pemkot Bekasi.


Atas kehadiran Menteri Agama dalam peresmian Kantor baru Kemenag tersebut, Walikota Bekasi, DR. Rahmat Effendi mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya. Begitu juga kepada Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat. Tak ketinggalan, kepada Kapolres Metro Bekasi Kota, Dandim 0507/Bekasi, Ketua MUI Kota Bekasi, KH. Miran Syamsuri, turut disampaikan rasa terimakasih bisa hadir dalam acara peresmian, Senin (8/3/2021) tersebut.


Dalam sambutannya, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, Dr.H. Adib, M.Ag mengungkapkan, pembangunan Kantor Kemenag di Kota Bekasi, merupakan representasi Kota Bekasi adalah Kota Toleran dan Kota Harmoni terhadap beragam suku, Agama, Adat, dan Budaya. Tidak hanya ini, menurut Kakabwil Jabar, Walikota Bekasi juga menurut Kakanwil selalu memperhatikan KUA se Kota Bekasi, renopasi kantor, maupun bantuan mobil dinas.
Penandatanganan Prasasti Gedung
"Banyak dukungan bentuk sinergitas dari Walikota Bekasi untuk kegiatan keagamaan di Kota Bekasi. Pembangunan Kantor Urusan Agama (KUA), bantuan mobil dinas kepada  Kepala KUA dan juga insentif kepada para guru diberikan, sebagai ujud sinergitas pelayanan di Kota Bekasi," ujar Kakanwil Provinsi Jawa Barat.


Walikota Bekasi dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada Menteri Agama RI yang berkenan hadir dalam acara peresmian itu. Saat ground breaking/peletakan batu pertama pembangunan Kantor  Kementerian Agama di Kota Bekasi ini adalah Menag, Fahrul Razi, kini diresmikan yang terhormat Menteri Agama RI, Gus Yaqut, merupakan suatu kehormatan bagi warga Kota Bekasi.


Nenurut Walikota  Bekasi, Kota Bekasi luasnya memang terbatas, tetapi penduduknya hampir 2,5 juta jiwa. Sangat tidak mudah memperkenalkan Bhineka Tunggal Ika. Akan tetapi, warga selalu mendukung kebersamaan dan keberagamaan, sehingga Pemerintah Kota Bekasi mendapat penghargaan Kota Toleran dan Kota Harmoni.


"Saya ingin melaporkan kepada Bpk. Menteri bahwa Kota Bekasi yang secara wilayah termasuk kota yang kecil. Tapi bicara harmonisasi dan toleransinya sangat tinggi, karena Kami selalu mengedepankan toleransi antar umat beragama, sehingga menjadi salah satu penilaian untuk diberi penghargaan sebagai Kota Harmonisasi." Ujar Rahmat Effendi.
Penandatanganan Prasasti Gedung
Selain itu ujar walikota, untuk pembangunan rumah ibadah atau masjid terkait perijinan telah dubuatkan payung hukum, dan tidak ada biaya terkait ijin tersebut, sehingga warga masyarakat merasa nyaman dan aman tinggal di Kota Bekasi.


"Diakhir periode saya, saya ingin meninggalkan legacy terbaik untuk Kota Bekasi, menjadi kenang-kenangan atas penghargaan-penghargaan yang diraih secara bersama dari Forkopimda hingga dukungan warga Kota Bekasi," ujar Walikota.


Menteri Agama RI, Gus Yaqut mengaku baru kali ini menemukan Walikota yang konsen terhadap kerukunan antar umad beragama. Semoga apa yang telah dilakukan Walikota Bekasi menjadi legacy kebhinekaan. Bhineka Tunggal Ika memang harus diterapkan dan didukung penuh oleh siapapun.


Menteri Agama menyampaikan harapannya Kantor Agama menjadi kantor milik semua agama, bukan hanya milik satu agama saja. Kedepannya saya berharap tidak ada lagi diskriminasi yang dilakukan oleh Kementerian Agama dalam hal pelayanan. Hal ini memang berat karena mengubah pandangan yang sebelumnya. Sehingga nantinya KUA yang berada ditingkat kecamatan akan menjadi kantor urusan agama seluruh umad.


"Saya juga mempunyai program modernisasi prilaku beragama dengan bekerjasama dengan TNI/Polri maupun BIN dan BNPT. Hal ini untuk menghindari adanya penyimpangan yang salah dalam beragama. Kementerian Agama menjadi suatu wadah agama apa pun untuk mebciptakan kenyamanan warga Indonesia tinggal di wilayah itu," papar Menteri Agama.


Di sela sela sambutannya, Menteri Agama mengucapkan selamat Ulang Tahun untuk Kota Bekasi ke 24, semoga selalu menjadi kota yang harmonis dan toleran, sehingga warga masyarakat selalu mendukung pemerintah Kota Bekasi.

Diakhir sambutannya, Menteri Agama bersama Wali Kota Bekasi menandatangani prasasti sebagai peresmian kantor baru tersebut. Rangkaian juga diiriingi pengguntingan pita dan melihat ke dalam ruangan baru yang dimiliki Kantor Kementerian Agama di Kota Bekasi. (Ndoet)

TerPopuler