Kilang Minyak Milik PT. Pertamina Di Indramayu Terbakar

Kilang Minyak Milik PT. Pertamina Di Indramayu Terbakar

Minggu, 28 Maret 2021, 6:57:00 PM
Kilang Minyak Milik Pertamina Di Indramayu Kebakaran Senin (1/4/2021) Dini Hari

Indramayu, pospublik.co.id – Kilang Minyak milik PT. Pertamina RU VI di Balongan, Kabupaten Indramayu  Jawa Barat, terbakar dan meledak pada Senin (29/03/2021) dini hari.

Kobaran api terlihat membumbung tinggi dan terpantau dari jarak jauh. Akibat semburan api, langit di wilayah Indramayu menjadi merah menyala. Puluhan mobil pemadam kebakaran berusaha sekuat tenaga memadamkan kobaran api.

Untuk sementara, ruas jalan yang menghubungkan Indramayu – Cirebon ditutup.

Belum diperoleh keterangan penyebab kebakaran kilang berkapasitas 125 ribu barel per hari ini. Pihak PT. Pertamina belum memberikan keterangan resmi terkait kejadian ini.

Menurut Ade, warga disekitar kilang, kebakaran itu terjadi saat hujan deras disertai kilat dan petir melanda wilayah Indramayu Senin dinihari. “Saat terjadi kilat dan petir, terdengar suara ledakan yang tak lama kemudian muncul api dari dalam kilang,” ujarnya.

Menurut Ade, begitu terdengar ledakan, api pun terlihat menyala begitu besar dengan kepulan asap hitam. Warga yang berada di lokasi sontak berhamburan menyelematkan diri.

Berdasarkan laman Pertamina, Kilang VI Balongan adalah Kilang Ke Enam dari Tujuh Kilang Direktorat Pengelolahan PT. Pertamina (Persero).

Kegiatan bisnis utama di Kilang ini adalah mengolah minyak mentah dari Duri dan Minas Pekanbaru menjadi produk Bahan Bakar Minyak (BBM).

Kilang Ini mulai beroperasi pada tahun 1994 dan terletak di Indramayu atau sekitar 200 Kilo Meter arah Jakarta. (KV)


TerPopuler