Ketua TP. PKK Taput Himbau Kadernya Kembangkan Potensi Desa

Ketua TP. PKK Taput Himbau Kadernya Kembangkan Potensi Desa

Sabtu, 27 Maret 2021, 9:22:00 AM
Keterangan Foto: Ketua TP. PKK Tapanuli Utara Satika Simamora SE, MM didampingi Kepala Dinas PMD Donni Simamora melakukan Supervisi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga  (PKK) Desa Percontohan Desa Tapian Nauli I dan Desa Aek Nauli I, di Aula Gereja HKBP Lumban Lobu, Desa Tapian Nauli I Kecamatan Sipahutar, Jumat (26/03/2021)

Taput, pospublik.co.id - Ketua TP. PKK Tapanuli Utara, Satika Simamora SE, MM didampingi Kepala Dinas PMD, Donni Simamora, dan Camat Sipahutar, Ronald Silitonga melakukan Supervisi terhadap Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga  (PKK) terhadap dua Desa Percontohan, yakni: Desa Tapian Nauli I, dan Desa Aek Nauli I. Kegiatan berlangsung di Aula Gereja HKBP Lumban Lobu, Desa Tapian Nauli I, Kecamatan Sipahutar, Jumat (26/03/2021).

Dalam arahannya, Satika Simamora menekankan, pembinaan PKK Desa merupakan langkah meningkatkan kinerja ditubuh organisasi. Kedepan diharapkan terjadi perubahan yang signifikan menggalang kerjasama dengan masyarakat. Tugas TP PKK menurut Satika Simamora adalah memberdayakan setiap komponen yang ada guna mewujudkan keluarga sejahtera.

"Butuh Sinergitas setiap tingkatan PKK untuk melaksanakan 10 Program Pokok PKK. Mari lebih sungguh-sungguh berkarya di tengah masyarakat. Kegiatan ini sebagai motivasi bagi kita semua. Kita perlu bergandengan tangan bersama seluruh komponen  masyarakat," ajak Satika Simamora. 
Satika menekankan agar PKK Desa mampu jadi contoh bagi masyarakat. Para kader PKK Desa harus berperan dalam mengembangkan potensi desa, termasuk kekayaan alam yang dimiliki untuk peningkatan taraf hidup masyarakat. 

"Selain itu, PKK perlu pelatihan untuk meningkatkan ketrampilan," tuturnya. 

Sambil berdiskusi dengan para kader, Satika mengurai tugas kelompok kerja (Pokja) masing-masing PKK Desa. Sesuai dengan peran ibu-ibu PKK, diharapkan dapat diterapkan di tengah keluarga maupun masyarakat.

"Mensukseskan Program PKK ini harus didukung penuh oleh seluruh elemen yang ada di Desa. Jadikan PKK sebagai mitra pembangunan," ujarnya. 

"Kader PKK harus jadi contoh ditengah masyarakat. Dengan demikian, masyarakat akan merasa terpanggil untuk berbuat baik. Sehingga akan tercipta sinergitas yang dilandasi KASIH guna mencapai hasil yang maksimal," pesan Satika Simamora.

Sementara itu, Kadis PMD, Donni Simamora dalam laporannya mengatakan, setelah dilakukan supervisi di 15 kecamatan, giat monitoring akan terus  berjalan yang kemudian pada akhir tahun dilakukan tahap evaluasi dan penilaian terhadap PKK Desa percontohan. 

Lebih lanjut Donni menjelaskan, untuk mewujudkan Visi Misi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara, dibutuhkan peran serta masyarakat. Sumbangsih pemikiran dari masyarakat  sangat dibutuhkan untuk mewujudkan keluarga sejahtera, utamanya dalam rangka rencana mendirikan Universitas Negeri Tapanuli Raya.

Dalam kegiatan tersebut, para pengurus TP. PKK Kabupaten Taput juga melakukan Pembinaan Administrasi. Selain pembinaan Admin, juga dilakukan pembinaan terhadap 4 Kelompok Kerja dari 2 PKK Desa percontohan tersebut.

Supervisi ini, selain diikuti kader PKK Desa Percontohan, juga dihadiri UPT Puskesmas Sipahutar, para Kepala Desa, BPD dan LPM serta Tokoh Masyarakat/Tokoh Agama dari  kedua Desa Percontohan tersebut.
Pada kesempatan tersebut, Ketua TP. PKK Taput, Satika Simamora membagikan bingkisan dan minuman berikut masker kepada lansia dan kader PKK. Secara khusus, bingkisan juga diberikan kepada 5 orang Ibu Hamil. (HP)









TerPopuler