Wawali: Menggunakan Maggot Dalam Mengelola Sampah Sangat Berguna

Wawali: Menggunakan Maggot Dalam Mengelola Sampah Sangat Berguna

Sabtu, 20 Februari 2021, 5:30:00 AM

Wakil Walikota Bekasi, DR. Tri Adhianto (Baju Merah) Kunjungi Warga Pengelola Bank Sampah yang Ternyata Memiliki Nilai Ekonomis

Kota Bekasi, pospublik.co.id - Wakil Walikota Bekasi, Dr. Tri Adhianto mengajak para penggiat lingkungan dan pengelola bank sampah untuk mengelola sampah dengan menggunakan maggot. Ajakan itu disampaikan didepan penggiat lingkungan serta pengelola Bank Sampah se Kota Bekasi pada Hari Peduli Sampah Nasional di Roof Top Pasar Baru Kota Bekasi, Sabtu, (20/2/2021).


Wakil Walikota mengatakan, memanfaatkan maggot (larva lalat/belatung), yang berasal dari sampah organik menjadi campuran pakan hewan sangat bagus karena berprotein tinggi.

Sampah organik akan banyak bermanfaat bahkan memiliki nilai ekonomis jika dikelola dengan tepat guna.

Maggot ini merupakan larva lalat yang berkembang biak dengan cepat dengan memakan berbagai macam sampah organik. 

Seperti halnya belatung, maggot berguna secara ekologis dalam proses dekomposisi bahan-bahan organik. Maggot mengkonsumsi sayuran dan buah. Tak hanya buah dan sayuran segar, termasuk sampah sayuran dan buah. Untuk itu, manggot sangat cocok digunakan dalam pengelolaan sampah organik.

Tri Adhianto mengapresiasi salah satu RW di Kelurahan Jatisari yang sudah membudidayakan Maggot. Keuntungan secara ekonomipun sudah didapat. Kedepan ujar Tri, kegiatan ini supaya dikembangkan dimasing-masing RW di Kota Bekasi.  (Yas)

TerPopuler