Aksi Peduli Pemuda Batak Bersatu Pasca Bencana Banjir

Aksi Peduli Pemuda Batak Bersatu Pasca Bencana Banjir

Senin, 22 Februari 2021, 7:17:00 PM
Makanan Siap Saji, Air Mineral, Susu Bayi dan Popok Siap disalurkan Kepada Warga Terdampak Langsung Bencana Banjir

Bekasi, pospublik.co.id - Ketua Umum Pemuda Batak Bersatu (PBB), Lambok F. Sihombing, didampingi jajaran pengurus DPP, meninjau dan memberikan langsung bantuan sosial kepada warga terdampak bencana banjir di Desa Wanajaya, Kec. Cibitung, Kabupaten Bekasi, Senin (22/2). Sebagai bentuk keprihatinan atas bencana tersebut, PBB tergerak menyerahkan bantuan berupa makanan siap saji, serta kebutuhan bayi, seperti: popok dan susu, berikut tikar kepada pengungsi.

 

PBB hadir dilokasi ini karena wilayah ini  termasuk salah satu daerah terparah bencana banjir di Bekasi. "Informasi kita peroleh dari Ketua posko Pemuda Batak Bersatu. Berdasakan laporan, ada tiga orang korban meninggal dunia akibat banjir, sebagai bentuk keprihatinan, kita bergerak membatu saudara-saudara kita disana," ujar Lambok.

 

Menurut Lambok, kepedulian PBB sebenarnya bukan hanya di Bekasi, hampir di seluruh wilayah terdampak banjir Pemuda Batak Bersatu membangun posko, dan perkembangan situasi dilaporkan ke pimpinan pusat.

 

"Namun, karena wilayah Bekasi merupakan salah satu terparah yang jarak tempuhnya terjangkau, maka DPP PBB memilih  ketempat ini membantu saudara-saudara kita apa adanya. Sembako, berupa beras, mie instan, air mineral, masker, susu dan popok bayi serta beberapa pakaian baru yang kita berikan kepada warga terdampak mudah-mudahan dapat mengurangi kesulitan mereka," harap Lambok dengan tulus.

 

Lambok menyampaikan, DPP selalu mengistruksikan ke setiap PAC dan DPC diseluruh wilayah supaya cepat dan tanggap terhadap kondisi darurat. Tanpa terkecuali,  di Jakarta, dan daerah lainnya. "Kemarin di Jakarta, Banten, kita juga melakukan aksi sosial dengan membuat posko dan menyerahkan sembako serta membuat dapur umum membantu saudara-saudara kita yang terdampak langsung," ujar Lambok kepada wartawan.

Ketua Umum PBB (Baju Loreng) Menyerahkan Bantuan Kepada Warga Terdampak Langsung Bencana Banjir
Menurut Lambok, walaupun banjir sudah surut, tetapi dampak peristiwa sebelumnya  masih terasa dan butuh uluran tangan untuk membantu meringankan beban warga terdampak. Untuk itu PBB tergerak memberikan bantuan ala kadarnya, mudah-mudahan dapat meringankan beban warga yang masih berada di pengungsian.

 

"Dewan Pimpinan Pusat sifatnya mengkoordinasikan keseluruh DPD, DPC untuk tanggap terhadap bencana apapun yang terjadi. Jadi pergerakan yang kita lakukan adalah gotong royong," tegasnya.

 

Ditempat yang sama, Ketua DPD Jawa Barat, Erick Sihotang turut menyampaikan rasa keprihatinannya atas bencana banjir yang melululantakan roda perekonomian masyarakat, terutama korban jiwa. Erick juga menyampaikan turut berduka cita kepada korban jiwa, semoga keluarga yang ditinggal diberi kekuatan dan ketabahan. Dia juga mengucapkan terimakasih atas kunjungan Ketua Umum PBB ke wilayah bencana di Cibitung Kabupaten Bekasi.

 

"Kami dari DPD PBB Jawa barat mengucapkan turut prihatin atas bencana banjir yang terjadi di beberapa wilayah di kabupaten Bekasi. Hari ini, di wilayah kabupaten Bekasi, ada 13 Kecamatan yang terdampak sangat parah di sekitar 28 Desa," ujar Erick.

 

Pemuda Batak Bersatu DPD Jawa Barat tidak lupa mengucapkan terima kasih untuk Camat Cibitung yang sangat tanggap membentuk dapur umum untuk meringankan beban masyarakat terdampak banjir.

 

"Kami dari Dewan Pimpinan Daerah Jawa Barat bekerjasama dengan Petugas dari Kabupaten Bekasi dan Kecamatan Cibitung, melakukan bhakti sosial 3 hari terakhir memberikan bantuan sosial dan evakuasi warga yang masih terjebak banjir," ujarnya.

 

Saat ini ujar Erick, warga dipengungsian sangat membutuhkan peralatan, seperti, tikar dan makanan cepat saji, susu bayi, dan popok. Untuk wilayah Jawa barat, saat ini korban jiwa sudah 8 orang ditambah Minggu lalu 4 orang, total 12 orang meninggal akibat bencana banjir.

 

Ali Harjono Gultom selaku Ketua DPC Kabupaten Bekasi, menyampaikan rasa tetimakasihnya atas aksi cepat tanggap dari jajaran DPP, khususnya kepada Ketua Umum PBB yang turun langsung ke lokasi bencana di Kabupaten Bekasi.

 

"Kami berterima kasih kepada Ketua DPD dan jajarannya, serta tim dari pusat yang turun langsung melihat kondisi di Kabupaten Bekasi," ujar Ali.

 

"Kami bangga memiliki satu organisasi Pemuda Batak Bersatu, di mana visi dan misinya sebagai Ormas "PEDULI SOSIAL" tanpa pandang bulu, suku, ras maupun agama. Semua kita bersaudara, kesulitan pasti dibantu sebatas apa yang kita bisa dengan tulus," ujarnya.

 

Ali Harjono menyampaikan rasa terima kasihnya kepada rekan-rekan juangnya PBB yang telah bekerja keras dalam beberapa hari ini membantu warga terdampak, khususnya di Cibitung. Apresiasi yang sebesar-besarnya untuk semua jajaran yang telah membantu di wilayah ini.

 

"Kepada rekan-rekan juang, jangan bosan untuk berbuat sosial. Terima kasih untuk semua jajaran yang sudah menunjukkan bhakti sosialnya," pesan Ali.

Ketua PAC Kec. Cibitung, Nasib Situmorang menyampaikan rasa bangga atas kehadiran Ketua Umum PBB di wilayah tugasnya. Menurut Nasib, kehadiran Ketua Umum dan Ketua DPD di PAC Kec. Cibitung pasti memberi semangat bagi segenap anggota PBB dimana pun berada. Ketua umum telah mencontohkan bagaimana berorganisasi yang baik, harus peduli dan tanggap terhadap situasi, khususnya bencana.

Menurut Nasib, hanya ucapan terima kasih yang dapat disampaikan atas kehadiran Ketum di wilayah tugasnya. Semoga Pemuda Batak Bersatu di seluruh dunia mengapresiasi kepemimpinan Ketua Umum Lambok F Sihombing. Dan semoga juga PBB semakin jaya dan semakin dicintai masyarakat oleh karena amal perbuatannya.

 

Warga Desa Wanajaya, Sihar Tambun, juga mengucapkan terimakasih atas aksi peduli PBB membantu Warga terdampak banjir, khususnya di Kec. Cibitung. Dia berharap PBB semakin sukses dalam segala program kerjanya.

 

"Kami sangat berterima kasih kepada PBB yang tidak memandang, Suku Ras, dan Agama, serta tidak memandang waktu melakukan bhakti sosialnya. Peran dan bantuan PBB mengetuk jiwa dan hati kami untuk selalu berbuat baik sesama. Harapan kami, kedepan PBB semakin solid dan sukses," ujar Sihar. (Red)

TerPopuler