Pemkot Bekasi Ikuti Peringatan Hakordia 2020 Melalui Virtual

Pemkot Bekasi Ikuti Peringatan Hakordia 2020 Melalui Virtual

Rabu, 16 Desember 2020, 12:12:00 AM
Detik-detik Acara Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia Oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo Melalui Virtual Zoom Webinar, Diikuti Sekda Kota Bekasi Reny Hendrawati, Staf Ahli Walikota Bekasi Bidang Keuangan dan SDM, Dwie Andyarini, para Kepala OPD dan Kepala Bagian. 

Kota Bekasi, pospublik.co.id -
Pemerintah Kota Bekasi ikuti peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) tahun 2020 melalui virtual Zoom webinar, Rabu (16/12/2020) di Gate 19 Stadion Patriot Chandrabaga Kota Bekasi. 

Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia dipusatkan di Gedung Merah Putih KPK Jakarta yang dihadiri Presiden Joko Widodo, Pimpinan DPR-MPR RI, para Menteri Koordinator dan Menteri Kabinet Indonesia Maju, Ketua KPK, Komisioner KPK, Dewan Pengawas KPK, hingga para Penggiat Antikorupsi. Sementara para Kepala Daerah se Indonesia mengikuti secara virtual. 

Di Kota Bekasi, Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia diikuti Sekda Kota Bekasi Reny Hendrawati, Staf Ahli Walikota Bekasi Bidang Keuangan dan SDM, Dwie Andyarini, para Kepala OPD dan Kepala Bagian. 

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya mengatakan, pencegahan korupsi harus ditingkatkan. Dimulai dari Pendidikan antikorupsi yang terus diperluas, membangun sistem guna menutup peluang korupsi juga menjadi agenda utama. 

Presiden RI berharap, semua lembaga pemerintah mampu meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan anggaran, sehingga menutup peluang korupsi. 

Lebih lanjut Jokowi menyampaikan, pemerintah harus terus berupaya melakukan reformasi perizinan dan pelayanan publik memperkecil tindakan korupsi. Sektor-sektor yang menjadi perhatian yang tentan  mempengaruhi sistem berusaha, terutama pada sektor UMKM. 

Regulasi yang tumpang tindih dan rumit ujar Presiden Jokowi supaya dipangkas dan sederhanakan melalui penggunaan aplikasi digital, seperti: e-budgeting, e-procurement, dan e-planning.

Ia pun meyakini profesionalitas petugas hukum dalam penindakan dan pencegahan korupsi diarahkan terhadap tata kelola keuangan negara. 

Kemudian lanjut Jokowi, konsistensi dan kebersamaan yang luar biasa dibutuhkan beragam inovasi yang sistematis dalam memberi tindakan yang adil kepada pelaku kejahatan korupsi.

Membangun sistem dari hulu hingga hilir juga lebih efektif meminimalisir korupsi, dan memberantas kemiskinan dan pengangguran. 
Detik-detik Acara Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia Oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo Melalui Virtual Zoom Webinar, Diikuti Sekda Kota Bekasi Reny Hendrawati, Staf Ahli Walikota Bekasi Bidang Keuangan dan SDM, Dwie Andyarini, para Kepala OPD dan Kepala Bagian. 


Sementara itu, Ketua KPK, Firli Bahuri dalam sambutannya mengatakan, Hari Anti Korupsi Sedunia diperingati setiap tanggal 9 Desember bermula dari konvensi PBB melawan korupsi. 

Menurut Firli, tema peringatan Hakordia 2020 adalah: "Membangun Kesadaran Seluruh Elemen Bangsa dalam Budaya Antikorupsi". Visi KPK pada 2019-2023 bersama masyarakat menurunkan korupsi untuk mewujudkan Indonesia maju. 

Melalui momentum Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia ini, Firli Bahuri mengajak seluruh elemen bangsa untuk bersepakat bahwa korupsi adalah bahaya leten.

"Mari kita bangun kesadaran penuh segenap anak bangsa dan kerelaan seluruh elemen bangsa bahwa korupsi merupakan bahaya laten yang dapat mengganggu tujuan negara RI," pesannya. 
Firli juga mengajak seluruh elemen bangsa ini untuk bersama-sama melindungi seluruh tumpah darah Indonesia, dan menjaga keutuhan bangsa. Memajukan kesejahteraan umum. Mencerdaskan kehidupan bangsa, dan Ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. (Goeng/Hms)

TerPopuler