Warga Jati Cempaka Budidaya Ikan Ditengah Pandemi

Warga Jati Cempaka Budidaya Ikan Ditengah Pandemi

Senin, 16 November 2020, 1:33:00 AM
Ternak Ikan Lele dengan Sarana Terpal

Kota Bekasi, pospublik.co.id - Sekretaris Kelurahan Jati Cempaka, Ridwan bersama Kasi Kessos Aswin dan jajarannya kunjungi Budidaya Ikan di RT.03 RW.12, Kelurahan Jati Cempaka, Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi. 


Budidaya ikan yang oleh KPK (Kelompok Pokdakan Kemang) merupakan salah satu upaya warga di tengah pandemi saat ini. 

Ketua RT, Nurali selaku penanggungjawab mengaku Budidaya ikan ini dimulai dengan inisiatif warga menggunakan lahan kosong disekitar lingkungan. 

"Pertamanya kami beternak beberapa ikan, namun baru kemarin kami mendapatkan benih ikan lele sangkuriang atas bantuan indukan lele dari Sukabumi serta bantuan pakan ternak sebanyak 15 Kg dari Bogor, " ujar Nurali.

Menurut Nurali, kolam yang menggunakan Terpal memiliki keuntungan dibanding kolam pada umumnya. Seperti kekuatan, dengan menggunakan terpal bisa bertahan hingga 3 - 4 tahun, harga terjangkau, bongkar pasang mudah, hingga lebih indah dipandang karena mempunyai berbagai varian warna.
Sekedar informasi, keunggulan Varietas Sangkuriang dibandingkan lele lainnya yaitu  Kemampuan Bertelur yang lebih banyak, Mortalitas tinggi, Kanibalisme menurun, dan Food Convertion Ratio menurun. 

Selain ternak ikan lele, ada juga beberapa ikan lain, seperti: Ikan yang diternak ikan gurame dan ikan Nila dengan jumlah unit mencapai 15 Kolam. 

Kedepan Ridwan berencana agar usaha ini dapat bekerjasama dengan maggot untuk pakan ikan lele, sehingga usaha ini bisa terus berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat luas. (Dro)

TerPopuler