Rakor RTRW Se-Jawa Barat Bersama Menteri ATR

Rakor RTRW Se-Jawa Barat Bersama Menteri ATR

Senin, 27 Juli 2020, 10:22:00 AM
Rakor Rencana Tata Ruang Wilayah Jawa Barat Oleh Menteri ATR Bersama Gubernur Diikuti Wakil Walikota Bekasi, Tri Adhianto
Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto menghadiri rapat koordinasi rencana tata ruang se-Jawa Barat. Kegiatan digelar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan A Djalil di Hotel Pulman Vimala Hills Megamendung, Kabupaten Bogor, Senin (27/07).
Dalam kegiatan ini, Ridwan Kamil bersama Sofyan Djalil menampung aspirasi dari Bupati/Walikota/Wakil Wakil Walikota se-Jawa Barat. Aspirasi dari para kepala daerah tersebut akan ditindaklanjuti kabinet terkait.
“Permasalahan Jawa Barat merupakan permasalahan tingkat Nasional. Menangani masalah di Jawa Barat sama saja menyelesaikan satu per tiga Pulau Jawa,” ujar Ridwan Kamil.
Sementara Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto menyampaikan permasalahan yang mengakibatkan terjadinya banjir. Selain Tata Ruang Wilayah, Sampah dan limbah industri juga menjadi fenomena mengotori Kali Bekasi. Untuk mengatasi hal tersebut, dia meminta perhatian khusus dari Gubernur Jawa Barat dan Menteri ATR.
Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bekasi itu juga menyampaikan terkait tata ruang di Kota Bekasi. Menurutnya, Kota Bekasi sedang terjadi proses pembangunan besar-besaran, seperti pembangunan kereta cepat, tol layang dan lain-lain. Semakin maju pembangunan, konsekuensinya semakin berkurang lahan resapan air di Kota Bekasi.
“Pada tahun ini saja Kota Bekasi sudah mengalami lima kali banjir. Pada 1 Januari itu merupakan banjir terparah. Tapi itu memang merupakan kompleksitas, karena pada saat kejadian air laut pun dalam keadaan pasang, alhasil air di kali tidak bergerak kemana-mana,” ujar Tri Adhianto. (Sat/R-01)

TerPopuler