Sholat Jumat Berjamaah Perdana Selama Masa Pandemi Covid-19

Sholat Jumat Berjamaah Perdana Selama Masa Pandemi Covid-19

Jumat, 05 Juni 2020, 5:09:00 AM
Sholat Jumat Berjamaah, Perdana Dimasa Covid-19
Jakarta, pospublik.co.id - Ratusan Jamaah umat Muslim sholat Jum'at di Masjid Soedirman Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (05/06). Sholat Jumat kali ini, merupakan Sholat perdana sejak Pemprov DKI berlakukan PSBB untuk mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

Ratusan jamaah, termasuk Prajurit TNI dan PNS di lingkungan Mabes TNI maupun masyarakat sekitar Cilangkap mengikuti Sholat berjamaah di Masjid Soedirman tersebut. Jamaah hadir dengan berbagai sarana hingga  berjalan kaki untuk mengikuti sholat Jumat.

Satu persatu para jamaah memasuki Masjid lewat satu pintu. Sementara 3 pintu lainnya sengaja ditutup panitia. Pintu masuk sengaja disediakan satu untuk terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan suhu tubuh jamaah oleh tim medis dibantu Provost.

Suhu tubuh di bawah 37 derajat celcius diperkenankan mengikuti Sholat Jumat, sementara jamaah yangsuhu tubuhnya diatas 37 derajat celsus akan dipersilahkan pulang dan berobat dan memeriksakan diri ke RS. Usai pemeriksaan, para jamaah dipersilahkan masuk dan berwudhu di tempat yang telah disediakan.

Di dalam masjid, seluruh jamaah mengikuti protokol kesehatan, yakni:memakai masker dan membawa sajadah sendiri serta menjaga jarak shaf antar sesama jamaah sekitar satu meter, sebagaimana ketentuan pemerintah dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Bertindak sebagai Khotib dan Imam adalah Kolonel Caj Yahdi Kumulloh dari Pusat Pembinaan Mental (Pusbintal) Mabes TNI. 

Selain Masjid Soedirman, di komplek Mabes TNI juga terdapat beberapa masjid juga melaksanakan Shalat Jumat perdana, yakni: Masjid At-Taqwa Satkomlek, Masjid Al-Ashr Mako Akademi TNI, Masjid Al-Arif Mabesal, Masjid As-Samawi Mabesau dan Masjid Al-Hidayah di Padang Golf Cilangkap. (SAT/R-01)

TerPopuler