Presiden Jokowi Berharap RS Darurat Pulau Galang Tak Perlu Digunakan

Presiden Jokowi Berharap RS Darurat Pulau Galang Tak Perlu Digunakan

Kamis, 02 April 2020, 12:35:00 AM
Denah Lokasi RS Darurat Penanganan Covid-19, di Pulau Galang, Kepulauan Riau (Foto/Ist)
Jakarta, pospublik.co.id - Rumah Sakit (RS) darurat yang tengah dibangun di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19. Namun, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap lonjakan pasien itu tak terjadi sehingga fasilitas ini tak harus digunakan.
"Kita harapkan ini tidak dipakai, tapi kita siapkan sejak awal," kata Jokowi usai meninjau rumah sakit itu, Rabu (1/4/2020).

RS di Pulau Galang ini memiliki fasilitas 360 kasur isolasi, 20 kasur ICU, dan 30 kasur non ICU. Sebelumnya, pemerintah juga telah menyiapkan RS darurat di Wisma Atlet Jakarta yang memiliki kapasitas 2.400 kasur.

"Alhamdulillah sampai saat ini RS darurat di Wisma Atelit baru digunakan 400," kata Jokowi.
Selain untuk mengantisipasi lonjakan pasien di daerah, RS di Pulau Galang ini juga akan digunakan untuk isolasi warga negara Indonesia yang baru pulang dari luar negeri dan memiliki gejala Covid-19. Karena jika dicermati kedatangan pekerja migran dari Malaysia yang jumlahnya cukup besar, maka perlu disiapkan RS di Pulau Galang.

"Kita juga harus tahu bahwa sekarang ini setiap hari ada mobilitas Tenaga Kerja Indonesia yang dari Malaysia pulang mudik, ini harus dikontrol, harus diawasi, harus dicek sehingga betul-betul semuanya bersih dan tidak membawa corona masuk ke desa," kata Jokowi.

Jokowi menyebutkan, RS Darurat di Pulau Galang ini siap dioperasikan pada Senin pekan depan. (Mars)

TerPopuler