Perokok Aktif Bisa Jadi Carrier Penyebaran Covid-19

Perokok Aktif Bisa Jadi Carrier Penyebaran Covid-19

Rabu, 29 April 2020, 11:20:00 PM

Ketua Gugus Kuratif Covid19 Jawa Timur Joni Wahyuhadi.

Jawa Tmur pospublik.co.id – Wabah Covid-19 merambat  hingga ke pabrik rokok Sampoerna di Rungkut Surabaya. Ratusan pekerja rokok dipastikan terinfeksi virus corona tersebu. Demikian diungkapkan Ketua Gugus Tugas Kuratif Penanganan Covid-19 Jawa Timur, Joni Wahyuhadi.


Menurut Joni, awalnya diketahui ada dua orang pasien positif terpapar Civid-19. Setelah dirawat, keduanya meninggal dunia pada pertengahan April lalu.
“Keduanya sudah meninggal pada 14 April 2020 lalu,” kata Joni kepada wartawan, Rabu 29 April 2020, di gedung Negara Grahadi Surabaya.
Baca Juga:
https://www.pospublik.co.id/2020/04/selamat-jalan-pahlawan-medis-kami.html
Setelah diketahui 2 orang meninggal kasus positif Covid-19, kemudian dilakukan pelacakan dan ternyata didapatkan ada 165 Orang Tanpa Gejala (OTG), yang sudah dites swab PCR. Namun, hasilnya belum keluar.
Selain itu, ada 9 orang dengan gejala Pasien Dalam Pengawasan (PDP). dan 323 orang lainnya tengah menjalani rapid test. Hasilnya mengejutkan, ada 100 orang diketahui positif.
Setelah hasil keseluruhan yang sudah dirapid test, dari yang 323 orang tersebut terdapat tambahan 63 orang positif, hingga kira-kira menjadi 100 orang yang positif.
“Selanjutnya dari 100 orang positif hasil rapid test itu akan menjalani Swab,” lanjut Joni.
Hingga saat kini, semua pekerja sudah diisolasi di salah satu hotel di Surabaya dan para pekerja tanpa gejala ini dalam keadaan sehat.
Joni sendiri belum bisa memastikan dari mana penularan pertama kali terjadi. Pihaknya, sedang melakukan tracing lebih dalam lagi, dan saat ini pabrik sudah ditutup sementara dan semua pekerja sudah diliburkan. (*/Vin)

TerPopuler