SMKN 15 Kota Bekasi Terpilih Mengikuti Pameran Manufacturing Indonesia 2022

SMKN 15 Kota Bekasi Terpilih Mengikuti Pameran Manufacturing Indonesia 2022

Jumat, 02 Desember 2022, 5:12:00 AM

Krew SMKN 15 Kota Bekasi Foto Bersama Pada Giat internasional Expo di Kemayoran Jakarta Pusat,  Rabu (30/11 2022)
Jakarta, Pospublik.co.idBerdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Vokasi No.29/D/0/2022, tentang penetapan sekolah menengah kejuruan pelaksana program SMK pusat keunggulan skema lanjutan tahap 2, SMK Negeri 15 Kota Bekasi ditetapkan menjadi pelaksana program pusat keunggulan Skema Pemadanan Dukungan pada tahun 2022. 


Untuk mensukseskan program tersebut, SMK Negeri 15 Kota Bekasi berkolaborasi dengan mitra industri dalam ruang lingkup kerjasama yang disepakati. SMKN 15 akan bermitra dengan pihak industri, yakni: PT. Enviro Tools, PT. Fondanusa Aditama, dan PT Gisma Cipta Sukses.


PT Gisma Cipta Sukses bertekad memberikan dukungan kepada SMK Negeri 15 Kota Bekasi berupa pengembangan pembelajaran berbasis industri yang berpedoman pada program link and match (8+i). Kegiatan unggulannya adalah pelaksanaan Retrofit Mesin CNC untuk guru melalui program magang guru dan siswa melalui Praktik Kerja Lapangan/PKL yang didampingi oleh tim profesional dari PT. Gisma Cipta Sukses. Selain itu mitra industri juga mengirimkan tenaga ahli profesional untuk memberikan pembelajaran di sekolah melalui program guru tamu.

Retrofit Mesin CNC merupakan kegiatan mengembangkan mesin lama menjadi mesin baru dengan mengganti sebagian besar part mechanic dan electric sehingga mesin bisa aktif dan beroperasi kembali serta berfungsi dengan baik. Mesin CNC hasil retrofit tersebut akan diserahkan ke SMK untuk memenuhi kebutuhan peralatan praktik peserta didik serta mendukung pelaksanaan BLUD di kemudian hari.

Sebelum diserahkan ke SMK Negeri 15 Kota Bekasi, mesin CNC tersebut dibawa mengikuti Pameran Manufacturing Indonesia di Jakarta International Expo,  Manufacturing Indonesia merupakan pameran manufaktur internasional terbesar di Indonesia yang menyediakan platform bisnis profesional untuk industri manufaktur Indonesia. Kegiatan tersebut sangat terkenal dan dihormati di kalangan profesional industri.

Kepala Sekolah SMKN 15 Kota Bekasi, Dra. Supriatin menyebutkan kegiatan tersebut menjadi kebanggaan tersendiri karena sekolahnya ikut berpartisipasi dalam event Internasional tersebut. Satu-satunya SMK yang bisa mengikuti pameran tersebut adalah SMKN 15, dan baru pertama kali dalam sejarah SMK mengikuti pameran Manufacturing Indonesia.

"Kami ucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara, khususnya kepada Kementerian Perindustrian RI, PT Gisma Cipta Sukses dan Asosiasi Industri Mesin Perkakas Indonesia (ASIMPI) yang memberikan kesempatan kepada kami," ujar Dra. Supriatin.

Hari pertama tampak booth SMK Negeri 15 Kota Bekasi ramai dikunjungi oleh pengunjung, antara lain, SPV Petrokimia Gresik, Founder Pudak Scientific.

Lebih lanjut, Dani selaku humas SMKN 15 Kota Bekasi mengatakan, Banyak ilmu yang bisa ditransformasikan dari pameran tersebut. Pameran sendiri akan berlangsung hingga (3/12/2022).   (HERRI)

TerPopuler