Proyek Jaling Diduga Tak Sesuai RAB, Pengawas Internal dan Konsultan Pengawas Tutup Mata

Proyek Jaling Diduga Tak Sesuai RAB, Pengawas Internal dan Konsultan Pengawas Tutup Mata

Minggu, 18 Desember 2022, 11:35:00 PM

Ukuran tinggi Bachingplan
Bekasi, pospublik.co.id - Proyek Peningkatan Jalan Lingkungan Gang Bona Kampung Kali Baru Rt.03 Rw.01, Desa Tridaya Sakti, Kecamatan Tambun Selatan diduga tidak sesuai Rencana Anggaran Biaya (RAB) demi meraup keuntungan berlipat ganda.


Pasalnya, ketika media ini investigasi kelokasi, Minggu (18/12), tidak ada pengawas internal maupun konsultan pengawas. Kuat dugaan adanya kongkalikong antara rekanan/pemborong dengan pihak pengawas internal maupun konsultan pengawas.

Menurut pengamatan dilokasi, tinggi papan coran (Bekisting) hanya sekitar 10 - 12cm, padahal normatifnya ketinggian tersebut 15 cm.

Untuk diketahui, proyek peningkatan jalan lingkungan tersebut dikerjakan oleh CV. GIGA TEKNIK dengan sumber dana, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) pemerintah Kabupaten Bekasi tahun anggaran (TA) 2022 dengan kontrak Nomor: PG02.02/179/8159/SPK-PL/KP/DISPERKIMTAN/APBD-P/2022.
Papan Proyek
Sementara nilai kontrak sebesar Rp.199.109.400,- dikelola Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DISPERKIMTAN) Kabupaten Bekasi.

Untuk itu, warga meminta Plt Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukinan dan Pertanahan untuk segera mengambil tindakan tegas terhadap pihak-pihak yang diduga terlibat dalam penyimpangan tersebut.

"Supaya perusahaan pelaksana kegiatan itu di blacklist untuk memberikan efek jera terhadap para rekanan kontraktor lainnya yang ingin berbuat curang demi meraup keuntungan besar," ujar warga.  (Vin)

TerPopuler