Memastikan Harga Bansos Bahan Pokok Kemensos Ketika Penyerahan Kepada Warga

Memastikan Harga Bansos Bahan Pokok Kemensos Ketika Penyerahan Kepada Warga

Minggu, 06 Maret 2022, 10:17:00 PM

Pembagian Bantuan Sosial Bahan Pokok Kemensos
Bekasi, pospublik.co.id - Sedikitnya 1.200 pemilik Kartu Keluarga Sejahtra (KKS) di Kelurahan Arenjaya, Kec. Bekasi Timur, Kota Bekasi, mendapat Bantuan Sosial dari Pemerintah Pusat (Kemensos-RI) berupa Bahan Pokok, yakni: Pisang, Telor Ayam, Daging Sapi, Beras, dan Kacang Tanah, dengan nilai Rp.1.200.000,- per Keluarga Penerima Mamfaat (KPM).

Distribusi Bantuan Sosial berupa bahan pokok yang telah berlangsung sejak hari Minggu (6/3/2022) itu oleh Agen belum seluruhnya selesai. Agen berinisial Y selaku penanggung-jawab teknis membagi Bansos tersebut mengaku kegiatan itu bisa makan waktu 4 hari.


Menurut Agen berinisial Y (pemilik e-Warung) dia bekerja sesuai Memorandum of Understanding (MoU) dengan Direktur PT. Hijrah Bersama, Dina Oktafiani. Jasa disepakati Rp.7.000 per paket, termasuk biaya ekspedisi dari gudang PT. Hijrah Bersama di Jln. Karang Satria.


"Pengadaan barang adalah suplayer. Kami hanya membagikan ke Masyarakat. Mengenai pembayaran dari mana saya tidak tau. Yang tau mungkin Suplayer," ujar Agen itu, Senin (7/3/2022).


Ditanya alamat lengkap PT. Hijrah Bersama selaku Suplayer, 'Y' menyebut ada di Jln. Karang Satria, namun karena program ini kata dia adalah yang terakhir, maka Suplayernya pun sudah pindah.


Agen tersebut berusaha menghubungi Suplayer lewat telepon genggamnya, ternyata, dari ujung telepon kata 'Y' Dina Oktafiani mengaku sedang di Mabes Polri.


Menurut Y, Bansos berupa 5 jenis Bahan Pokok itu adalah: Beras 60 kg (6 karung @-10 kg) dengan harga Rp.115.000,- per karung, Telor Ayam 6 kg dengan harga Rp.2.000,- per kg, Daging Sapi 1,5 kg yang dibagi 6 kantong plastik @-0,8 kg dengan harga Rp,30.000,- per kantong, Pisang 6 kantong plastik @-4 buah dengan harga Rp.10.000,- per kantong, Kacang Tanah 6 kantong plastik kecil dengan harga Rp.12.000,- per kantong.


Menurutnya, nilai bahan pokok tersebut merupakan kumulasi Bansos selama 6 bulan, yakni, Rp.1.200.000,- dengan perincian Rp.200.000,- per bulan sejak September 2021 hingga Februari 2022.


Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) yang mengaku diperbantukan Dinas Sosial  Kota Bekasi untuk memvalidasi KKS dilokasi e-warung ketika ditanya siapa pemasok bahan pangan tersebut ke e-warung, dan apakah nilainya sudah sesuai dengan dana yang dibayarkan melalui PIN Kartu Keluarga Sejahtra (KKS), mereka mengaku tidak tau, karena mereka hanya bertugas mevalidasi KKS- KPM.

"Kami hanya sebatas membantu memvalidasi KKS-KPM. Mengenai jenis barang, suplayer, silahkan ditanya kepada Agen," ujarnya. (MA) 





  

TerPopuler