Cegah Penyebaran Covid, Bansos Pangan Diserahkan Door To Door

Cegah Penyebaran Covid, Bansos Pangan Diserahkan Door To Door

Jumat, 25 Februari 2022, 1:18:00 AM

Penerima Bansos Pangan Di Desa Pasir Sari Kecamatan Cikarang Selatan, Kab. Bekasi

Bekasi, pospublik.co.id - Guna mencegah penyebaran pandemi covid omicron yang terus melonjak ditengah masyarakat, Pemerintah Kabupaten Bekasi terapkan sistem door to door kerumah penerima bantuan pangan.


Penyaluran BSP (bantuan sosial pangan) sesuai surat edaran Kemensos RI untuk percepatan proses penyaluran bantuan sosial kini diberikan secara tunai untuk 3 bulan, mulai bulan Januari, February, dan Maret 2022 sebesar Rp.200.000,-/bulan dari door to door. 

Seperti yang dilakukan petugas PSM Desa Pasir Sari dan TKSK kecamatan Cikarang Selatan, siap mendampingi petugas Pos sebagai juru bayar BSP pada warga penerima yang berjumlah 529 KPM yang pembagiannya tersebar di 3 dusun di lakukan secara door to door. Langkah ini dilakukan para petugas guna menghindari adanya kerumunan dan juga penyebaran covid omicron.

Ketua PSM desa Pasir Sari, Megawati Ardiansyah saat mendampingi petugas Pos mengaku berinisiatif melakukan sistem door to door dengan mendatangi tempat tinggal penerima bantuan sosial pangan agar menghindari adanya kerumunan warga dan juga menghindari penyebaran covid yang saat ini kembali meningkat.

"Awalnya warga penerima Bansos datang ke posko yang disiapkan pegawai Desa bersama petugas Kantor POS. Namun sejak terjadi lonjakan covid omicron, protokol kesehatan (Prokes) harus dilakukan secara ketat. Untuk penerima yang sudah lansia dan atau disabilitas kita melakukan door to door. Namun setelah berkoordinasi dengan ketua TKSK kecamatan Cikarang Selatan, kami berinsiatif mendampingi petugas Pos yang menjadi juru bayar supaya penyerahan  dilakukan door to door, " ujar Megawati Ardiansyah yang terlihat lelah namun masih tetap tersenyum saat dimintai statemennya.

Hal senada juga disampaikan Ketua TKSK Kecamatan Cikarang Selatan, Nerly Lolita, dengan door to door diharapkan mampu mengantisipasi penyebaran covid omicron. Sistem door to door bersama petugas Kantor POS selaku juru bayar didampingi Ketua PSM sudah sangat tepat walau kerja petugas semakin melelahkan. 


"Sebanyak 529 KPM hari ini kita datangi di 3 dusun untuk menyalurkan Bansos sembako. Secara door to door ke rumah penerima dan Lansia lebih efektif sekaligus menghindari penyebaran covid omicron di wilayah Desa Pasir Sari" ujar Nerly.

Sementara itu, Kepala Kantor POS Indonesia Cikarang, Jajat yang turun langsuk membantu penyerahan Bansos pangan tersebut mengaku cukup terbantu dengan adanya pendampingan dari PSM Desa Pasir Sari maupun TKSK  Kecamatan.

"BSP ini harus dipercepat dan hari ini mengerahkan 15 petugas pos sekali jalan kelapangan. Petugas dibagi menjadi 2 kelompok. Alhamdulillah, Kami merasa terbantu karena petugas Sosial Desa (PSM) dan TKSK turut membantu memfasilitasi Kami dengan masyarakat," ujar Jajat. (Vin)

TerPopuler