Ketua MA dan Ketua MUI Tandatangani Nota Kesepahaman Penegakan Hukum

Ketua MA dan Ketua MUI Tandatangani Nota Kesepahaman Penegakan Hukum

Rabu, 27 Oktober 2021, 6:24:00 PM
Ketua MA (Kiri-Baju Putih) Bertukar Cindera Mata Sambil Foto Bersama Usai Penandatanganan Nota Kesepahaman

Jakarta, pospublik.co.id - Ketua MA, Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, SH., MH, dan Ketua MUI, K.H. Miftachul Akhyar membuat dan menandatangani Nota Kesepahaman untuk memperkuat koordinasi dan kerja sama dalam mengembangkan penegakan hukum berbasis syariah di Indonesia. Penantanganan nota kesepahaman tersebut berlangsung di ruang kerja Ketua Mahkamah Agung, Jakarta, Rabu siang (27/10).


Majelis Ulama Indonesia (MUI) berkomitmen untuk memperkuat koordinasi dan kerja sama dengan Mahkamah Agung (MA) dalam rangka mengembangkan penegakan hukum berbasis syariah di Indonesia.


Komitmen tersebut tertuang dalam Nota Kesepahaman antara Ketua MA, Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, SH., MH, dan Ketua MUI, K.H. Miftachul Akhyar yang telah ditandatangani kedua belah pihak, Rabu siang (27/10) di ruang kerja Ketua Mahkamah Agung.


Nota Kesepahaman bertujuan untuk memangkas permasalahan-permasalahan yang timbul dari sengketa keuangan syariah atau industri halal yang kian marak di Indonesia.


Terhadap komitmen MUI tersebut, Ketua Mahkamah Agung menyambut baik, karena merasa terbantu dalam mengurangi sengketa keuangan syariah. Mantan Ketua Pengadilan Negeri Bandung itu juga menyatakan Nota kesepahaman ini bisa menjadi bekal, bukan hanya di dunia, tetapi juga di akhirat nanti.


“Saya harapkan Nota Kesepahaman ini tidak hanya menjadi ibadah kita di dunia, namun juga menjadi pahala untuk bekal ke akhirat,” ucap Guru Besar Universitas Diponegoro ini. 

Penantanganan Nota Kesepahaman Sedang  Berlangsung di Ruang Kerja Ketua Mahkamah Agung

Dalam kesempatan itu, Ketua Mahkamah Agung didampingi, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non-Yudisial Dr. H. Sunarto,S.H., M.H., Ketua Kamar Agama Dr. H. Amran Suadi, S.H., M.H., Ketua Kamar Pembinaan Prof. Takdir Rahmadi, S.H., L.L.M, Sekretaris Mahkamah Agung Dr. Hasbi Hasan, S.H., M.H, dan


Kepala Biro Hukum dan Humas, Dr. H. Sobandi, S.H., M.H. Sedangkan dari MUI turut hadir yaitu Wakil Sekjen MUI Dr. Ihsan Abdullah, Ketua Badan Arbitrase Syariah Nasional MUI Prof. Dr. Zainal Arifin Hosein S.H., M.H., Wakil Ketua Badan Arbitrase Syariah Nasional MUI, Ahmad Azharuddin Latief, M.Ag., M.H, dan Anggota Badan Arbitrase Syariah Nasional MUI Mohammad Hoessein, S.H., M.H.

Acara yang diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat ini ditutup dengan saling bertukar cindera mata dan berfoto bersama. (Azh/RS)

TerPopuler