BKN Lakukan Tes Wawasan Kebangsaan Pegawai KPK Untuk Masuk ASN

BKN Lakukan Tes Wawasan Kebangsaan Pegawai KPK Untuk Masuk ASN

Kamis, 06 Mei 2021, 9:52:00 PM
Foto/Ist

Jakarta, pospublik.co.id - Sekretaris Jenderal Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Cahya H. Harefa mengungkapkan 75 pegawai KPK yang dinyatakan tidak lulus Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk beralih status kepegawaian menjadi aparatur sipil negara (ASN). Nasib ke-75 pegawai tersebut akan diserahkan kepada Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB).


Menurut Cahya, pimpinan KPK akan menerbitkan surat keputusan terhadap hasil Assessment Tes Wawasan Kebangsaan untuk disampaikan kepada pegawai yang dinyatakan memenuhi syarat maupun tidak memenuhi syarat.


"KPK akan melakukan koordinasi dengan KemenPANRB dan BKN terkait tindak lanjut 75 pegawai yang dinyatakan TMS," kata Cahya di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (5/5/2021) malam.


Menurut Cahya, KPK tentunya tidak akan memberhentikan atau memecat 75 pegawai KPK sebelum mendapatkan keterangan resmi dari KemenPAN RB.


"Selama belum ada penjelasan dari KemenPAN RB dan BKN, KPK tidak akan memberhentikan 75 pegawai yang dinyatakan TMS," ungkapnya.


Cahya menegaskan lembaganya, sampai saat ini tidak pernah menyatakan melakukan pemecatan terhadap pegawai yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sampai dengan keputusan lebih lanjut sesuai dengan perundang-undangan terkait ASN.


"Rangkaian asesmen diyakini akan menambah kuat akar komitmen dan integritas setiap individu di Komisi Pemberantasan Korupsi," pungkasnya.


KPK juga belum dapat membuka nama-nama siapa saja dari 75 pegawai KPK yang tidak memenuhi syarat lulus dalam tes wawasan kebangsaan.


Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menyebut 1.274 pegawai telah dinyatakan lulus atau Memenuhi Syarat dalam TWK yang dilaksanakan Badan Kepegawaian Nasional (BKN).


"Untuk pegawai yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sebanyak 75 orang," ungkap Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu, 5 Mei 2021.

Sedangkan dua orang kata Ghufron, tidak mengikuti tes wawasan kebangsaan. (MA)


TerPopuler