PKN:Kearifan Lokal dan Budaya Harus Dijaga Untuk Membangun Krakter Bangsa

PKN:Kearifan Lokal dan Budaya Harus Dijaga Untuk Membangun Krakter Bangsa

Minggu, 14 Maret 2021, 6:04:00 AM

Pengurus DPD Ormas PKN Jawa Barat
Pekanbaru Riau, pospublik.co.id - PEMUDA KARYA NASIONAL (PKN) yang lahir pada 18 bulan lalu  ingin tumbuh menjadi Organisasi Kemasyarakatan dengan cita-citanya yang tulus dan luhur ingin bersinergi dengan pemerintah membangunan krakter bangsa, dan menciptakan lapangan kerja yang merupakan salah satu kunci untuk mengentaskan kemiskinan.

Diusianya yang masih relatif muda, PKN terus bergerak maju untuk mewujudkan cita-citanya melalui pengembangan organisasi. Kini organisasi kemasyarakatan ini telah memiliki 14 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) setingkat Propinsi mulai dari sabang sampai merauke. Merupakan kebanggaan tersendiri ditubuh organisasi PKN yang begitu gesit bergerak membangun kepercayaan masyarakat untuk bergabung.

Gilirannya  DPD PKN Propinsi Riau terbentuk dan dikukuhkan oleh Dewan Pimpinan Pusat PKN. Ketua Umum yang diwakili Sekretaris Jenderal, Eko Supiyanto SE hadir di Ballroom Furaya Hotel di Jalan Sudirman, RIAU, Sabtu (14/03/2021). Acara yang dihadiri Asda 1 Provinsi Riau, Dandim dan Wakapolda Riau tersebut merupakan pelantikan Ketua DPD dan DPC sePropinsi Riau.

Pelantikan DPD Propinsi Pekanbaru-Riau ini dihadiri seluruh pengurus DPD yang ada, yakni: DPD Prov Sumatera Utara, DPD Prov. Sumatera Barat, DPD Prov. Kepulauaan Riau, DPD Prov. Jawa Barat, sementara DPD Prov. Papua berhalangan hadir karena sesuatu hal penting.

Ditubuh PKN, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Jawa Barat merupakan tonggak sejarah karena satu-satunya perwakilan di Pulau Jawa, sekaligus kota pertama yang menjadi kota dikibarkan bendera pustaka Ormas PKN di tanah Pasundan ini.

Dalam sambutannya usai melantik DPD Prov. Riau, Sabtu (14/03/2021), Sekjen PKN, Eko Supriyanto SE, menyampaikan, kehadiran Pemuda Karya Nasional di Riau pada khususnya, Indonesia pada umumnya, harus mampu menjadi mitra pemerintah untuk mendukung program pembangunan.

“Ormas PKN bercita-cita luhur dalam menjalankan visi misinya, yaitu: Bersinergi dengan Pemerintah membangun krakter bangsa. Mensejahterakan masyarakat bersama Pemerintah selaku stake holder bersama elemen masyarakat lainnya. Bersama Pemerintah membuka lapangan kerja untuk mengentaskan kemiskinan. Memberdayakan setiap individu sesuai talent dan kemampuan masing-masing," tegas Eko Supiyanto yang juga Ketua Pujakesuma (Putra Jawa Kelahiran Sumatera).

Ditempat terpisah, Ketua DPD PKN Jawa Barat, Milton, kepada wartawan menyebut, Ormas PKN memiliki cita rasa sendiri-sendiri antar daerah dalam perannya membantu pemerintah. Jawa Barat akan mengedepankan pengentasan penggangguran dengan menciptakan sebanyak mungkin wira usaha. Membangun sinergitas dengan Pemerintah dalam penanggulangan bencana, karena Jawa Barat sering terjadi Banjir Bandang, Tanah Longsor dan bencana lainnya.

“Setiap daerah punya kearifan lokal dan kultur budaya yang berbeda-beda. Kalau perberdaan ini bisa dikelola dengan baik, akan menjadi potensi membangun krakter bangsa, dan ini merupakan tugas semua stakeholder. Untuk itu, PKN akan mengambil peran menyatukan persepsi, khususnya ditubuh irganisasi. Saya optimis PKN akan terus berkembang pesat, tidak mustahil PKN akan berkibar disemua Provinsi di Indonesia," pungkas Milton, satu-satunya Ketua DPD PKN berdarah Tionghoa. (MA)

TerPopuler