Wakil Walikota Tinjau Tanaman Hidroponik Di RW.12 Jatiwaringin

Wakil Walikota Tinjau Tanaman Hidroponik Di RW.12 Jatiwaringin

Selasa, 25 Agustus 2020, 9:26:00 AM
Wakil Walikota Tinjau Tanaman Hidroponik Warga dalam Program Ketahanan Pangan
Kota Bekasi, pospublik.co.id - Wakil Walikota Bekasi, Tri Adhianto, tinjau tanaman hidroponik di RW-12, Kelurahan Jatiwaringin, Kecamatan Pondokgede, selasa (25/08). Bercocok tanam hidroponik merupakan salah satu program Pemkot Bekasi dalam rangka menciptakan Ketahanan pangan akibat semakin sempitnya lahan pertanian.

Program bertani hidroponik menurut Wakil Walikota dapat menjaga ketahanan pangan akibat menipisnya lahan bercocok tanam. Tidak menutup kemungkinan secara perlahan akan berdampak pada ketersediaan bahan pangan, seperti sayur mayur dan tanaman plawija lainnya.

Wakil Walikota menyebut, pada masa yang akan datang, tidak menutup kemungkinan krisis ketahanan pangan  menjadi ancaman serius bagi daerah yang pertumbuhan penduduknya pesat. Apabila tidak diantisipasi sejak dini, maka sulit dibayangkan apa yang terjadi akibat krisis pangan tersebut.

Oleh sebab itu lanjut Wakil Walikota, dalam rangka mengantisipasi kemungkinan tersebut, Pemerintah Kota Bekasi berusaha memotivasi masyarakatnya dengan cara mengadakan perlombaan RW siaga. Penilaian dan pembinaan SDM dilakukan bersama tiga pilar di Kota Bekasi.

Selain bertani Hidroponik, Tri Adhianto juga mensosialisasikan program UMKM karena dinilai cukup efektif memutar roda ekonomi kemasyarakatan.

"Tidak hanya hidroponik, UMKM pun harus terus berjalan. Kita benahi dari mikro terlebih dahulu. Kita yang produksi, dan kita juga yang mengkonsumsi. Sejak dini kita harus terdoktrinisasi mencintai produk dalam Negeri terutama produk tetangga kita sendiri," ujar Tri.

Tri Berharap dengan adanya program RW siaga ini, SDM masyarakat Kota Bekasi akan terus meningkat. "Kita aman dari covid, aman ketahanan pangan dan aman dari kriminalisasi. Dengan demikian, visi misi Kota Bekasi yang Cerdas, Kreatif, Maju, Sejahtera dan Ihsan akan terwujud," paparnya. (Wan/Humas)

TerPopuler