Dr. Tri Adhianto Tinjau 4 Lokasi Tes Swab Covid-19 di Pasar Tradisional

Dr. Tri Adhianto Tinjau 4 Lokasi Tes Swab Covid-19 di Pasar Tradisional

Minggu, 10 Mei 2020, 5:26:00 AM
Wakil Walikota Bekasi Turun Langsung Lakukan Swab Tes Covid-19 Kepada Pedagang dan Pembeli Pada Pasar Tradisiobnal (Foto/Humas)
Kota Bekasi, pospublik.co.id - Wakil Wali Kota Bekasi, Dr. Tri Adhianto tinjau pelaksanaan Swab tes pandemi Covid-19 di 4 lokasi pasar tradisional di Kota Bekasi, Minggu (10/05/20). Yakni, Pasar Wisma Asri, Pasar Harapan Jaya, Pasar Kranji dan Pasar Bintara Jaya.

Pada titik swab tes di pasar Harapan Jaya, Tri Adhianto mengistruksikan petugas medis yang terdiri dari Dinkes maupun dari RSUD supaya jemput bola. Karena para pedagang dan pembeli tidak respon terhadap langkah yang dilakukan Pemkot. Pedagang dan pembeli kurang respon melakukan tes pada boot yang telah disediakan pihak Dinkes untuk mengikuti swab tes. 

"Petugas yang ada perlu jemput bola ke warga agar mereka mau di cek kesehatan di posko yang sudah disediakan," kata Tri Adhianto, Minggu, (10/5/2020). 

Pelaksanaan Tes Swab dibantu kepala pasar dan Pihak RSUD, dr. Abdul Kholik selaku petugas Tes Swab mengikuti instruksi Walikota.
Dr. Tri Adhianto Berdialog dengan Petugas Medis (Foto/ Humas Pemkot Bekasi)
Berdasarkan data di lapangan, setiap titik tes swab yang berada di pasar tradisional tersebut, setiap bootnya memiliki sample alat tes sebanyak 50 pcs.  "Jadi untuk 4 pasar tersedia 200 pcs sampel alat tes", kata Tri yang disampaikan Humas dalam rilis persnya.

Menurut Humas, Tri menyampaikan hasil tes nantinya akan di serahkan kepada P2P gugus covid di Dinkes untuk bahan evaluasi dan pemetaan kasus Covid-19 di Kota Bekasi. 

Cek Harga Pangan

Selainbmonitoring jalannya kegiatan tes swab, Tri Adhianto juga melakukan pengecekan pada kesetabilan harga bahan pangan yang berada di pasar tradisional tersebut. Sampai saat ini menurut Wakil Wslikota ini madalah harga bahan pokok masih terbilang stabil. Diakui ada kenaikan, misalnya bawang merah, bawang putih dan jengkol.

"Meskipun ada kenaikan, hal tersebut masih relatif terjangkau bagi konsumen. Ujar salah satu pedagang pasar," ungkap Tri.
Tri Adhianto Dampingi Petugas Medis Disalah Satu Pasar Tradisional (Foto/Humas)
Usai meninjau pelaksanaan Tes Swab Covid-19, dan harga kebutuhan pokok di pasar, Wakil Walikota Bekasi, Tri Adhianto bersama tim medis mensosialisasikan tentang aturan PSBB. Diantaranya, wajib menggunakan masker, memperhatikan jarak antara satu dengan yang lain, dan mengindari keluar rumah apabila tidak mendesak. 

"Bagi pelanggar yang tidak memakai masker tetap di tegur dan diedukasi supaya selalu memakai masker. Sekaligus kita berikan masker kepada pengguna jalan yang  pelanggar PSBB tersebut," ucap Tri. 

Pada saat situasi pandemi seperti ini ujar Tri Adhianto, diharapkan kesadaran masyarakat untuk tetap bisa bersabar dan mematuhi himbauan pemerintah.

"Apabila ada warga yang merasa berhak mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah namun kenyataannya tidak mendapatkannya, silahkan hubungi petugas RT dan Rw setempat guna dilakukan pendataan," ujar Tri dalam siaran pers Humas.

"Tetap jaga diri dengan baik, jaga lingkungan sebaik  mungkin, jaga kebersihan, tetap dirumah, gunakan masker jika terpaksa keluar rumah, dan ingat selalu mencegah lebih baik daripada mengobati." Pesan Tri Adhianto diakhir kunjungannya. (Humas/R-01)

TerPopuler