Diperkirakan, Ribuan Buruh Dirumahkan/PHK Akibat Covid-19

Diperkirakan, Ribuan Buruh Dirumahkan/PHK Akibat Covid-19

Selasa, 28 April 2020, 8:32:00 PM
Ribuan Buruh Lakukan Aksi Tolak PHK (Foto-Ist)
JAKARTA, POSPUBLIK.CO.ID - Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sejumlah pekerja atau buruh, terjadi di beberapa daerah di Indonesia. PHK terjadi akibat merebaknya virus corona atau Covid-19. Lantas, daerah mana saja yang paling banyak melakukan PHK?

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mendata, ada empat daerah yang paling banyak merumahkan atau melakukan PHK terhadap buruh, yakni: Jakarta, Jawa Timur, Banten, dan Jawa Barat. Dari data yang diterima KSPI, mayoritas yang dirumahkan adalah pekerja kontrak. 

"Wilayah yang paling banyak PHK itu Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, DKI. Sebagian besar pekerja kontrak dikeluarkan," kata Ketua Departemen Komunikasi dan Media KSPI, Kahar S Cahyono sebagaimana dikutip dari Okezone edisi Rabu (29/4/2020). 


Kendati demikian, Kahar mengaku belum mendapat jumlah pasti buruh atau pekerja yang dirumahkan akibat Covid-19. Sejauh ini, Kahar baru menerima laporan dari masing-masing wilayah terkait PHK para pekerja.  

Kahar menyatakan, data valid yang diterima KSPI baru dari pihak perusahaan. Saat ini KSPI masih fokus melakukan advokasi antara para pekerja dengan pihak perusahaan.

"Jumlah belum terekap. Karena advokasi ini lebih banyak di tingkat  daerah. Beberapa perusahaan, misalnya di Banten, Jatim, melaporkan PHK," ujarnya. (*/SAT)


TerPopuler