Hari Kehakiman Nasional Dirayakan Setiap 1 Maret

Hari Kehakiman Nasional Dirayakan Setiap 1 Maret

Minggu, 01 Maret 2020, 12:09:00 AM
Cuplikan Catatan Sejarah Lahirnya Hari Kehakiman Nasional, 1 Maret 2012
Jakarta, pospublik.co.id - Bulan Maret tahun 2012 merupakan tahun bersejarah bagi profesi hakim Indonesia. Dimana ditahun itu, pergeraka hakim bergelora hingga puncaknya lahir peraturan pemerintah (PP) nomor:94 tahun 2012 tentang hak keuangan dan fasilitas Hakim.

Momen itu merupakan tonggak sejarah  Pengakuan Negara untuk lebih memanuasiakan profesi hukum. Untuk mengenang hari bersejarah tersebut, 1 Maret ditetapkan sebagai "Hari Kehakiman Nasional" yang dirayakan setiap tahunnya.
Dengan semangat perayaan Hari Kehakiman Nasional ini, diharapkan hukum Indonesia semakin tegak dan adil. Keadilan memang akan jadi barang sukar, jika hukum hanya tegak pada yang bayar.
Pesan yang disampaikan dalam momentum perayaan hari kehakiman nasional ini akan mencapai tujuan ketika hukum diterapkan hakim seduai hati nurani. Sesuai motto hakim "Lebih baik membebaskan seribu (1.000) orang yang bersalah, daripada menghukum 1 orang yang tidak bersalah".
Motto ini merupakan senjata pamungkas bagi hakim agar  hukum tidak tegak bagi yang bayar. Semoga Hukum Indonesia Semakin Tegak dan Adil. Selamat Hari Kehakiman Nasional. (*/R-01)

TerPopuler