Lapas Cikarang Sidak Kamar Hunian Guna Deteksi Dini Gangguan Kamtib

Lapas Cikarang Sidak Kamar Hunian Guna Deteksi Dini Gangguan Kamtib

Senin, 21 November 2022, 8:15:00 PM

Petugas Lapas Kelas IIA Cikarang Lakukan Sidak

 ke Blok Hunian Warga Binaan

Bekasi, Pospublik.co.id - Sesuai arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan tentang tiga kunci Pemasyarakatan maju, yakni:Deteksi Dini, Sinergitas dengan APH serta Perang Terhadap Narkoba, petugas Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cikarang lakukan inspeksi mendadak (Sidak) di blok hunian Sadewa Kamar E1.2 dan E2.8, Senin malam (21/11/202).


Saat sidak di Blok Hunian Sadewa Lembaga Pemasyarakatan  Kelas IIA Cikarang tersebut, petugas meminta para penghuni untuk keluar kamar blok untuk sementara.

Kemudian petugas melakukan penggeledahan pada kamar hunian para warga binaan. Giat ini dilakukan guna menjaga stabilitas keamanan dan upaya mencegah adanya peredaran narkoba. Sidak dilakukan tim pengamanan bersama Regu II bersama Staf Rajawali (KPLP dan Kamtib). 

Kegiatan diawali dengan apel kedisiplinan petugas dalam melaksanakan tugas. Pemeriksaan kerapihan pakaian dinas. Saat apel, diberikan himbauan untuk tertib dalam menggunakan pakaian dinas sesuai arahan Kepala Divisi Pemasyarakatan.

Arahan Kepala Devisi Pemasyarakatan, ada empat (4) pondasi karakter petugas Pemasyarakatan yang harus dipatuhi. Dilanjutkan dengan pembagian tugas  oleh koordinator  staf Rajawali terkait penentuan titik area pemeriksaan, yakni: Petugas pemeriksa badan, Pemeriksa dan standarisasi kamar hunian, Petugas pencatat hasil temuan, dan Petugas dokumentasi kegiatan serta penyusun laporan. 

"Hasil inspeksi mendadak ditemukan beberapa barang terlarang pada kamar hunian, diantaranya: 2 unit Handphone, 2 unit charger, 2 rangkaian instalasi kabel,1 Sajam,1 obeng buatan, 2 sendok besi dan 1 asbak besi," ujar Kalapas kelas IIA Cikarang Very Johanes.

Very menegaskan, barang hasil penggeledahan di buat berita acara penyitaan dan di inventarisir guna dilaksanakan pemusnahan barang bukti temuan. 

"Alhamdulillah, Kegiatan penggeledahan Blok Kamar Hunian berjalan dengan lancar, aman dan kondusif," ujar Very.

Menurut Very, giat ini dilakukan guna deteksi dini gangguan Kamtib untuk  mengoptimalisasi Keamanan Lapas. Kegiatan dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan.  (Vin)

TerPopuler