Hujan Berkepanjangan Angin Kencang Menyebabkan Longsor dan Pohon Tumbang

Hujan Berkepanjangan Angin Kencang Menyebabkan Longsor dan Pohon Tumbang

Kamis, 18 Februari 2021, 7:30:00 AM

 

BPBD Kita Bekasi Sedang Evakuasi Warga Terdampak Banjir

Kota Bekasi, pospublik.co.id - Akibat hujan turun dengan intensitas ringan disertai angin kencang di Kota Bekasi, Kamis (18/02/2021), sekitar pukul 12.00 Wib hingga pukul 18.00 Wib, mengakibatkan beberapa wilayah terjadi genangan air dengan ketinggian bervariasi, dan pohon tumbang, serta longsor.

Di Kec. Rawalumbu misalnya, ada tiga titik genangan air dengan ketinggian antara 10 - 25 cm, yakni: Pondok Hijau Permai Perumahan Suzuki, Pasar Burung depan SMAN-13, dan di Kelurahan Pengasinan, namun kondisinya masih tergolong kondusif.
Sementara untuk enam (6) Kecamatan, Yakni: Kec. Bantar Gebang, Kec. Mustika Jaya, Kec. Pondok Gede, Kec. Jati Sampurna, Kec. Pondok Melati, Kec, Medan Satria, oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pusdalops-PB melaporkan tetap aman dan kondusif.

Untuk Kec. Jatiasih sesuai laporan BPDB Kota Bekasi, terjadi pohon tumbang di Jln. Jati Kramat, di Jln. Sepakat 1 RT.03/RW.01, Kel. Jatirasa. Genangan air sekitar 20-30 cm di Komplek AL tetapi masih tergolong kondusif. Di Perumahan Dosen IKIP, genangan air terjadi sekitar 60-70 cm tidak terlalu berdampak. Sedangkan di Perum Pondok Gede Permai terjadi longsor dekat Rumah Arab sepanjang 50 meter lari, dan langsung ditangani dinas terkait dengan menurunkan alat berat.
Namun hingga Rabu (17/02/2021), pemkot bekasi belum melakukan perbaikan terhadap tenggul longsor di Perum Pondok Gede Permai tersebut. Kamis (18/02/2021) kemiringan tanggul akibat longsor sudah semakin curam, dan belahan tanah semakin besar. Pekerjaan sudah mulai dilakukan dinas terkait dengan menurunkan bahan material, dan alat berat.

Selasa (16/02) BPBD melaporkan, di Kec. Bekasi Selatan terjadi longsor dan tiga (3) pohon tumbang sekitar pukul 02.00 Wib tepatnya disamping Apartemen Centre Point, di Kel. Marga Jaya hingga mengakibatkan enam (6) stand pedagang rusak total.

Berdasarkan laporan BPDB, Rabu (17/02/2021) pohon tumbang telah dibersihkan dinas terkait, termasuk material longsor juga sudah dibersihkan, namun tebing longsor belum diperbaiki.

Kamis (18/02) BPDB melaporkan, Dinas BMSDA sedang melakukan penebangan pohon untuk mengurangi resiko di Jln. Kemakmuran tersebut. Sementara genangan air di wilayah Bekasi Selatan dikabarkan sudah kondusif.

Untuk Kec. Bekasi Timur, BPDB melaporkan terjadi longsor pada aliran sungai di Kampung Bulak Selamet, RT.06/RW.008, Kel. Bekasi Jaya, Rabu (17/02) sekitar pukul 05.00 Wib. Penyebab longsor dikatakan karena arus kali cukup deras hingga menyebabkan abarasi sepanjang 100 meter lari.

BPDB telah melakukan langkah-langkah dengan berkoordinasi kepada pemilik rumah, Yayat agar segera mengungsi ketempat yang lebih aman. Menghimbau masyarakat sekitar daerah longsor agar tetap waspada terjadi longsor susulan.

BPDB Kota Bekasi menyampaikan, hingga kini genangan air masih terjadi disejumlah titik, namun kondisinya masih kondusif. pohon tumbang di beberapa titik berhasil dibersihkan hingga tidak mengganggu aktipitas warga. Sementara longsor masih menunggu perbaikan dan sedang berproses. (MA)
    

TerPopuler