BPBD Kota Bekasi Tetapkan Siaga 2 Pada Titik Rawan Longsor

BPBD Kota Bekasi Tetapkan Siaga 2 Pada Titik Rawan Longsor

Kamis, 18 Februari 2021, 9:50:00 PM

(Dok: BPBD Kota Bekasi)

Kota Bekasi, pospublik.co.id - Intensitas hujan yang terus meningkat, disertai angin kencang di Kota Bekasi, mengakibatkan beberapa wilayah terjadi genangan air dengan ketinggian bervariasi, serta pohon tumbang, dan Tebing longsor.

Di Kel. Bintara misalnya, Genangan air yang semula 20-30 cm meningkat menjadi 50 cm, seperti di RT.01- 07 RW.11. Kemudian di RW.15, RT.3,4,5, genangan yang semula 50 cm kini sudah meluap dan masuk kedalam rumah setinggi betis orang dewasa.

Perum Duta Kranji, yang semula 50 cm naik menjadi 80 cm. Puri Bintara naik menjadi 50 cm. Perum Mas Naga yang semula 50-70 cm naik menjadi sekitar 90 cm. Menurut laporan BPBD Kota Bekasi, dari 25 titik genangan air meningkat menjadi 40 titik akibat intensitas hujan yang berkepanjangan sejak kemarin hingga siang ini.

(Dok: BPBD Kota Bekasi)
Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik selaku manager Pusdalops BPBD Kota Bekasi, Wiratma Puspita, SE. M.Si melaporkan, terjadi peningkatan titik genangan air dari 25 menjadi 40, Longsor 3 titik dan beberapa pohon tumbang. Untuk Perum Pondok Gede Permai ditetapkan Siaga 2 untuk antisipadi tanggul di RW 10 PGP yang dalam perbaikan jebol.

Langkah yang dilakukan ujar Wiratma, monitoring ke sejumlah titik di 12 Kecamatan. Melakukan evakuasi warga terdampak banjir. Menyiapkan logistik apabila ada permintaan dari terdampak.

Sebelumnya, genangan air di Kec. Rawalumbu dengan ketinggian antara 10 - 25 cm, yakni: Pondok Hijau Permai Perumahan Suzuki, kini meningka menjadi antara 50 cm hingga 100 cm.

(Dok: BPBD Kota Bekasi)

Untuk Kec. Bekasi Timur, BPDB melaporkan terjadi longsor pada aliran sungai di Kampung Bulak Selamet, RT.06/RW.008, Kel. Bekasi Jaya,Rabu (17/02) sekitar pukul 05.00 Wib. Penyebab longsor dikatakan karena arus kali cukup deras hingga menyebabkan abarasi sepanjang 100 meter lari.

BPDB telah melakukan langkah-langkah dengan berkoordinasi kepada pemilik rumah, Yayat agar segera mengungsi ketempat yang lebih aman. Menghimbau masyarakat sekitar daerah longsor agar tetap waspada terjadi longsor susulan.  (MA)
    

TerPopuler