Kunjungan Lintas Sektoral Memastikan Layanan Kesehatan Masyarakat

Kunjungan Lintas Sektoral Memastikan Layanan Kesehatan Masyarakat

Senin, 18 November 2019, 10:02:00 AM
Walikota Bekasi, Dr Rahmat Effendi Membuka Kunjungan Sektoral Bidang Kesehatan Tingkat Kecamatan Sekota Bekasi, Guna Memastikan Layanan Kesehatan Kepada Masyarakat
Bekadi Kota pospublik.co.id - Walikota Bekasi, Rahmat Effendi membuka pertemuan lintas sektoral bidang kesehatan tingkat Kota Bekasi tahun 2019. Pertemuan  tersebut dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kota Bekasi, sekaligus mengevaluasi pelayanan kesehatan yang sudah di terapkan para medis Rumah Sakit (RS).
Dalam kunjungannya, Walikota Bekasi, Dr Rahmat Effendi mengatakan, langkah ini dulakukan guna memastikan dan perbaikan pelayanan kesehatan kepada pasien dimasing-masing lintas sektoral tungkat Kota Bekasi.
“Pertemuan ini penting agar kita semua bisa memastikan kualitas pelayanan kesehatan yang diterima masyarakat,’’ bebernya.
Menurut Rahmat Effendi yang akrab disapa Pepen ini, pelayanan bukan sekedar proses pengobatan kepada pasuen saat berobat di Puskesmas atau rumah sakit, namun jauh lebih penting penyuluhan cara mencegah penyakit dan menerapkan pola hidup sehat bagi masyarakat.
“Kerjasama lintas sektoral bertujuan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.
Kerjasama lintas sektoral ini menurut Pepen menciptakan kerjasama Kepala Puskesmas dengan Muspika dan Lurah di wilayah kerja masing-masing. Masing-masing stakeholder di tingkat Kecamatan diharapkan bersama-sama meningkatan derajat kesehatan masyarakat.
“Tanggungjawab masalah kesehatan bukan mutlak menjadi tanggungjawab petugas kesehatan, peran serta semua lapisan masyarakat sangat dibutuhkan. Untuk menciptakan kesadaran bersama, khususnya tibgkat kecamatan, pemangku wilayah baik Camat maupun Lurah agar bersinergi mengefukasi masyarakat tentang bagaimana pentingnya kesehatan," ujarnya.
Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawati kepada awak media menyebut, kunjungan lintas sektoral ini nerupakan rencana strategis bidang kesehatan.
Menurut Tanti Rohilawati kepada wartawan, menjaga kesehatan merupakan bagian dari pembangunan. Memelihara kesehatan juga bagian dari wujud SDM yang berkwalitas.
Dalam pertemuan ini juga di paparkan Rencana strategis (Renstra) bidang kesehatan di Pemkot Bekasi. Tahun 2018 – 2023 direncanakan adanya penambahan RS, Puskesmas, Peralatan Kesehatan, untuk mencapai target Standar Pelayanan Maksimal (SPM) kepada pasien di puskesmas maupun RS.  (Mars)

TerPopuler