Media Centre Di PN Bekasi Kota Cukup Efektif Membangun Komunikasi

Media Centre Di PN Bekasi Kota Cukup Efektif Membangun Komunikasi

Senin, 23 September 2019, 12:20:00 AM
Humas PN Bekasi Kota, Djuyamto, SH. MH
Bekasi Kota, POSPUBLIK.CO.ID - PUSAT informasi dan komunikasi (Infokom) berupa media centre teramat penting di Instansi Pemerintah, baik pusat, maupun daerah. Demikian halnya di tubuh perusahaan swasta, dan organisasi lain sangat membutuhkan keberadaan media centre sebagai organ penting dalam mengelola managemen.
Peran penting media sentre tersebut untuk  Pengadilan Negeri (PN) Bekasi juga dinilai cukup efektif membangun komunikasi positif dan konstruktif kehumasan. Efektifitas media centre di PN Bekasi Kota benar-benar dirasakan semenjak Djuyamto dipercaya mengemban amanad kehumasan PN Bekasi. Dengan semangat membangun humanisasi, khususnya terhadap pers, Djuyamto berhadil membangun Grup Whatsaap bernama ‘Media Centre PN Bekasi.
Menurut Djuyamto, ide membuat Grup WA Media Centre PN Bekasi ini muncul ketika keinginan adanya ruangan fisik Media Centre di lingkungan kantor PN Bekasi belum terpenuhi karena keterbatasan ruangan kantor. Kemudian untuk lebih efektif dan efisien dalam berkomunikasi antara Humas PN Bekasi dengan para awak media secara online, Djuyamto mengambil sikap positif membangun media centre PN Bekasi.
Dengan adanya Grup WA Media Centre PN Bekasi, kata dia, arus informasi baik dari awak media dan sebaliknya dari Humas PN Bekasi bisa berjalan dengan lancar.
“Barangkali baru di PN Bekasi inilah ada Media Centre Pengadilan secara online, yang bisa dicontoh oleh humas pengadilan atau lembaga lainnya,” kata Djuyamto kepada wartawan, Sabtu (21/9).
Untuk diketahui, media center berperan sebagai humas pemerintah yang diwujudkan dalam wadah pelayanan informasi pemerintah berbasis teknologi informasi dan komunikasi. 
Berawal dari gagasan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), media center menjelma menjadi pusat layanan informasi dan komunikasi publik, mendukung humas pemerintah dalam menjalankan tugasnya.
Media center diciptakan untuk memenuhi kebutuhan wartawan dalam memposting berita pemerintahan atau suatu lembaga.
Media center dirancang untuk mengembangkan pelayanan informasi kepada publik sebagai bagian dari upaya mendorong masyarakat dalam mendapatkan informasi yang akurat, cepat, mudah, dan terjangkau. Keberadaan media center juga merupakan sebuah satuan sinergi yang melekat pada lembaga informasi dan informatika tiap daerah yang membutuhkan.
Fungsinya adalah sebagai sarana penyebaran informasi yang berkaitan dengan program dan kebijakan pemerintah secara langsung maupun tidak langsung yang memberikan dampak pada masyarakat.Termasuk pelayanan informasi dan komunikasi publik untuk meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap informasi dan komunikasi. (Mars)

TerPopuler