Admin Medsos dan PPID OPD Mendapat Pembinaan dari Walikota

Admin Medsos dan PPID OPD Mendapat Pembinaan dari Walikota

Kamis, 06 Agustus 2020, 3:05:00 AM
Walikota Bekasi, Dr. Rahmat Effendi Adakan Pembinaan Terhadap PPID dan Admin Medsos dari Tiap-Tiap OPD Pemkot Bekasi
Kota Bekasi, pospublik.co.id - Walikota Bekasi, Dr. Rahmat Effendi didampingi Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Kota Bekasi, Hudi Wijayanto dan Kepala Bagian Humas Setda Kota Bekasi, Sajekti Rubiyah para Sekretaris di bagian Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kamis (06/08) lakukan pembinaan terhadap admin medsos dari masing-masing OPD dan para Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID).

Para Admin dan pengelola informasi dari setiap OPD hadir di Gate 8 Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi, Kamis (06/08) untuk mengikuti pembinaan dari Walikota dan Kepala Komimpo statistik dan persandian.

Masing-masing Admin Medsos dari OPD Diundang Bagian Hubungan Masyarakat selaku PPID utama untuk hadir dalam agenda pembinaan tersebut. Pembinaan ini bertujuan untuk penguatan fungsi PPID bagi penyebarluasan informasi kepada seluruh masyarakat di Kota Bekasi. Pembinaan dilakukan agar para Admin mampu memberikan Informasi yang akurat dan terpercaya  guna menghindari kekeliruan informasi yang diminta masyarakat selaku pemohon informasi.
Para Admin Medsos dan PPID Sedang Mengikuti Pembinaan di Gat-8 Stadion Candrabhaga Kota Bekasi
Walikota Bekasi menyebut pengelola informasi mempunyai klasifikasi 4 kelompok, yaitu :

1.Informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala

2.Yang wajib diumumkan secara serta merta

3.Informasi yang wajib tersedia setiap saat

4.Informasi yang dikecualikan.


Menurut Walikota, pada lingkup PPID ini yang difokuskan adalah transparansi sebuah informasi. Walikota memerintahkan seluruh admin OPD terstruktur agar informasi yang disampaikan kemasyarakat benar-benar terpercaya dan valid. Sehingga, segala urusan dapat diselesaikan dengan cepat melalui media elektronik, dan jika membutuhkan hardcopy nanti bisa menyusul.

Penggunaan media sosial di setiap perangkat daerah merupakan penyebarluasan informasi kegiatan masing-masing OPD. Jika timbul pertanyaan dari masyarakat terkait informasi tersebut agar direspon dengan cepat dan tanggap oleh setiap admin OPD.

Diharapkan lanjut Wali, setelah mendapatkan pembinaan supaya setiap admin dapat mengembangkan akun medsos pada masing-masing OPD dan mengetahui bagaimana strategi dalam menciptakan konten yang menarik agar pembaca mau membaca infromasi yang diberikan.

Dalam pelaksanaannya lanjut Walikota yang akrap disapa Pepen ini, admin selaku gerbang informasi berperan pembantu PPID, sehingga  harus responsif dan tanggap terhadap apapun yang menjadi keluhan dari masyarakat, serta cepat dalam melayani permintaan warga untuk kemajuan Kota Bekasi. 

"Jaman ini sudah jaman serba elektronik, otaknya ada di PPID. Maka dari itu admin dipilih dari background dasar lulusan manajemen informatika, teknik informatika dan lainnya yang biasa menguasai suatu dasar mengenai jaman milenial ini, bukan hanya sebagai operator saja, tapi sebagai koordinator kompabilitasnya." tegas Walikota Bekasi. (ADV/Hms)

TerPopuler