Dewan Pendidikan Kota Bekasi Dinakhodai Ali Fauzie, MPd.

Dewan Pendidikan Kota Bekasi Dinakhodai Ali Fauzie, MPd.

Kamis, 26 Desember 2019, 3:00:00 AM
Susunan Pengurus Dewan Pendidikan Kota Bekasi
Pemkot Bekasi, pospublik.co.id - Pembentukan Dewan Pendidikan merujuk pada Keputusan Mendiknas No.044/U/2002, yang merupakan amanat UU No. 25 Tahun 2000 tentang Program Pembangunan Nasional (Propenas). Sasaran yang ingin dicapai dalam propenas ini adalah  terwujudnya manajemen pendidikan berbasis sekolah/masyarakat (school/ community based management).  Untuk mencapai sasaran tersebut, Mendikbud memperkenalkan konsep pembentukan Dewan Sekolah (Pendidikan) di setiap kabupaten/kota.
H. Ali Fuzie, MPd Sewaktu Menjabat Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi
Sedangkan peran dan fungsi Dewan Pendidikan adalah sebagai badan pertimbangan (advisory agency), pendukung (supporting agency), pengawas (controlling agency), dan badan mediator (mediator agency).
Mengingat pentingnya peran dan fungsi Dewan Pendidikan tersebut, tentu lembaga ini butuh sumber daya manusia (SDM) yang betul-betul berkomitmen. Melalui fit end proper test (uju kelayakan), Ali Fauzie, Mpd terpilih dan diangkat menjadi Ketua Dewan Pendidikan Kota Bekasi. Ali Fauzie diharapkan mampu menstimulus kinerja Dewan Pendidikan Kota Bekasi yang selama ini terkesan vakum. Konsistensi Ali Fauzue yang pernah menjadi Kepala dinas Pendidikan Kota Bekasi dinilai mampu membawa perubahan serta meningkatkan kualitas pendidikan secara menyeluruh di Kota Bekasi.
Payung hukum dalam melaksanakan tugas dan fungsi Dewan pendidikan tersebut, Walikota Bekasi, Dr. Rahmat Effendi telah menerbitkan Surat Keputusan No: 420/Kep.514-Disdik/XII/2019, sekaligus melantik Susunan dan Kepengurusan Dewan Pendidikan Kota Bekasi, untuk masa bakti 2019 – 2024.
Sebelum pengukuhan, Dinas Pendidikan (Disdik), telah melakukan fit and proper test (uji kelayakan) dari beberapa tokoh pendidikan di Kota Bekasi. Jadi, susunan kepengurusan Dewan Pendidikan ini telah melalui tahapan panjang, sampai akhirnya, Sabtu (22/12), dikukuhkan oleh Wali Kota Bekasi.
Adapun susunan kepengurusan Dewan Pendidikan Kota Bekasi Masa Bakti 2019 – 2024 adalah sebagai berikut:
●Ketua Umum: HM.  Ali Fauzie, MPd
Ketua I: Andi Sopandi, SS, MSi
Ketua II: Dr. Joseph MJ Rewarin, SE, MM
●Sekretaris I: Krisman Irwandi, SE, MSi
Sekretaris II: Dini Wiandini, SPd, MPd
●Bendahara: Hj. Evi Mafriningsianti, SE, MM
●Ketua Bidang PAUD/RA/DIKMAS: Dr. H. Suroyo, SE, MM
Anggota: Rusilowati Effendy, SE. MM
●Ketua Bidang SD/MI: Dudung Abdul Qodir, MPd
Anggota: Suhartono, MTh, MA
●Ketua Bidang SMP/MTs: Toro Tomongo, SE
Anggota: Sahrul Anwar, SAg, MSi
●Ketua Bidang SMA/SMK: Ariyanto Hendrata, SPd
●Anggota: Drs. Adang Suaefi
●Ketua Bidang Hubungan Kemasyarakatan dan Kelembagaan: Drs. Ahmad Tajudin
●Anggota: Mahmud Permana, SE, MH
Herudin
Ketua Dewan Pendidikan Kota Bekasi, Ali Fauzie yang dikenal sebagai pensiunan ASN dengan jabatan Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi dari tahun 2017 – 2019 adalah Kadisdik pertama yang menerapkan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) sistem Online 100 persen di Kota Bekasi. Walau mendapat penolakan dari banyak pihak, tapi akhirnya sistem PPDB online ini dapat diterima dan bahkan menjadi benchmark sistem PPDB di beberapa daerah.
Selain dikenal sebagai penggagas sistem PPDB Online 100 persen, Ali Fauzie juga dikenal sebagai tokoh pendidikan yang konsisten pada peningkatan kualitas pendidikan di kota Bekasi. Dan hasil kerja kerasnya terbukti, di akhir kepemimpinannya tahun 2019, Kota Bekasi berhasil menjadi peraih Nilai Ujian Nasional Tertinggi Se-Provinsi Jawa Barat, yang diraih  SMPN 1 Kota Bekasi.
Walau berlatar belakang keluarga tani dari Muaragembong, Kabupaten Bekasi, dan sudah purna bakti, tapi sebagian besar warga Kota Bekasi, khususnya Wali Kota Bekasi, masih mengharapkan kontribusi H. Ali Fauzie, MPd untuk memajukan pendidikan di Kota Bekasi. Semoga sukses mengemban amanad UU No. 25 Tahun 2000 tentang Program Pembangunan Nasional (Propenas), dan Keputusan Mendiknas No.044/U/2002 tersebut. (Mars)

TerPopuler