Panglima TNI Bahas Penanganan Covid-19 dan Pengamanan Natal Tahun Baru

Panglima TNI Bahas Penanganan Covid-19 dan Pengamanan Natal Tahun Baru

Kamis, 28 Oktober 2021, 7:46:00 AM

Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A Mengikuti Pembahasan Penanganan Civid-19 dan Pengamanan Natal Tahun Baru Melalui Video Conference dari Ruang Puskodalops Makodam XVII/Cenderawasih, Selasa (26/10/2021)

Jakarta, pospublik.co.id - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P membahas Penanganan Covid-19, berikut Pengamanan Hari Natal dan Tahun Baru 1 Januari 2022 melalui Video Conference kepada jajarannya. Pembahasan dan evaluasi penanganan Covid-19 tersebut diikuti Pangdam XVII/Cenderawasih,  Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A dari Ruang Puskodalops Makodam XVII/Cenderawasih, Selasa (26/10/2021).


Dalam arahannya, Panglima TNI  menyampaikan kalau saat ini penanganan Covid-19 di Indonesia sudah cukup baik. Secara umum kasusnya sudah menurun sampai dengan 5 %. Namun demikian, tidak boleh membuat penanganan covid-19 menjadi lengah, tetap harus waspada.

Panglima TNI juga menegaskan bahwa kelonggaran aktivitas sosial serta belajar tatap muka yang sudah mulai berjalan di beberapa daerah di Indonesia jangan sampai membuat lengah. Terkait belajar tatap muka, Provinsi yang pertama kalinya adalah Bali dan Lombok.

Panglima TNI juga menambahkan program Testing dan Tracing akan terus dilakukan bagi mereka yang bergejala sakit pada saluran pernapasan. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menekan laju penyebaran Covid-19 di daerah masing-masing.

Terkait dengan perayaan Hari Natal dan Tahun Baru 2022 yang sudah semakin dekat, Panglima TNI mengarahkan kepada para Pangdam untuk berkoordinasi dengan instansi lainnya dalam penerapan prokes. Rencana mudik supaya betul-betul dikaji dimasing-masing daerah, sehingga tidak terjadi lonjakan kasus.

Lebih lanjut ditekankan, program vaksinasi supaya terus dilakukan terutama di wilayah-wilayah yang diperkirakan masyarakatnya akan mudik perayaan Hari Natal dan Tahun Baru. Bulan November tahun 2021 ini diharapkan vaksinasi Covid-19 bagi daerah yang belum mencapai 50% harus sudah mencapai 50%. Lebih lanjut Panglima TNI menekankan, pada bulan Desember 2021 semua daerah sudah mencapai 70%. Khusus bagi Provinsi Aceh dan Papua, cakupan vaksinasi hingga saat ini belum mencapai 70 % dan masih sangat kurang.

Diakhir arahannya, Panglima TNI berpesan agar senantiasa tetap mempedomani Protokol Kesehatan, wajib melaksanakan 3 M, yakni: Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan supays terus dihimbau kepada masyarakat. Selain 3 M, Panglima menekankan agar pelaksanaan 3 T juga tetap dioptimalkan. Cakupan vaksinasi di wilayah masing-masing agar terus ditingkatkan. Koordinasi dan kolaborasi antar instansi harus intens agar vaksinasi dapat berjalan dengan lancar.

Pembahasan Penanganan Covid-19, berikut Pengamanan Hari Natal dan Tahun Baru 1 Januari 2022 melalui Video Conference  ini dihadiri Asops Kasdam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Veryanto Napitupulu, Aster Kasdam XVII/ Cenderawasih Kolonel Inf Yarnedi Mulyadi dan Kakesdam XVII/Cenderawasih Kolonel Ckm dr I Nyoman Linggih. (MA) 

TerPopuler