Enam Menteri Baru Kabinet Jokowi Resmi Diumumkan

Enam Menteri Baru Kabinet Jokowi Resmi Diumumkan

Selasa, 22 Desember 2020, 7:34:00 AM

Menteri Baru Kabinet Jokowi (Foto-Ist)

Jakarta, pospublik.co.id - Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo (Jokowi) resmi mengumumkan Kabinet barunya. Ini adalah reshufel kabinet pertama Jokowi untuk kabinet Indonesia maju. Pengumuman nama-nama menteri baru ini digelar di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (22/12/2020).

Bapak, ibu, saudara-saudara sebangsa dan setanah air, pada sore hari yang berbahagia ini, saya bersama dengan Bapak Wapres mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota Kabinet Indonesia Maju," pungkasnya mengawali.


Dalam reshufel kabinet kali ini, Jokowi memilih figur baru untuk menjadi pembantunya. Selain memilih menteri baru, Jokowi juga melakukan pergeseran nama lama untuk menjabat posisi baru.

Beberapa menteri baru Jokowi adalah Tri Rismaharini atau Risma sebagai Mensos, Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono. Risma menggantikan Juliari Batubara yang terjerat kasus dugaan korupsi dana bansos Corona. Sementara Trenggono mengisi posisi Edhy Prabowo yang kena kasus dugaan korupsi terkait ekspor benur atau yang lebih dikenal bibit Lobster.

Salah satu nama yang mengejutkan publik adalah Sandiaga Uno. Sandiaga Uno diangkat menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama. Kejutan lain adalah, Ketum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas menjadi Menteri Agama RI menggantikan Fachrul Razi.

Kabinet Baru Jokowi Dengan Pakaian Biru

Saat diperkenalkan Jokowi di Veranda Istana Merdeka, para menteri tampak kompak mengenakan setelan atasan putih dengan bawahan hitam yang merupakan setelan khas Jokowi sejak periode pertama tahun 2014.

Namun kali ini, ada perbeda dari prosesi perkenalan menteri baru. 6 Menteri baru mengenakan jaket berwarna biru muda.

“Warnanya keren, Eye catching, Kapan harus tetap segar, cerah, ceria, semangat,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin kepada wartawan, Selasa (22/12/2020).

Bey mengatakan, penggunaan jaket tersebut tidak memiliki makna khusus. Namun, pemerintah berharap para menteri baru bisa melaksanakan tugasnya dengan baik kedepannya.

“Jaket itu bahannya enak, lalu kalau panas tidak membuat keringat, kalau hujan tidak membuat basah. Artinya setiap orang yang menggunakan tidak masalah dalam cuaca apapun. Jadi maksudnya, menteri kerja kapan saja dalam suasana apa saja siap bekerja,” tegasnya.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada wartawan mengatakan, jaket biru yang digunakan para menteri merupakan buatan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Ini adalah daftar nama 6 menteri baru Presiden Jokowi dalam reshuffle pertama Kabinet Indonesia Maju, masing-masing adalah: Menteri Sosial, Tri Rismaharini, Menteri Kelautan dan Perikanan: Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Sandiaga Uno, Menteri Perdagangan: M. Lutfhi, Menteri Agama: Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Kesehatan: Budi Gunadi Sadikin. (MA)

TerPopuler