Wali Kota Bekasi Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Melalui VICON

Wali Kota Bekasi Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Melalui VICON

Minggu, 31 Mei 2020, 10:35:00 PM
Walikota, Wakil Walikota, Ketua DPRD, Kapolrestro, Dandim 0507/Bekasi, Ketua FKUB, Sekretaris Daerah
Kota Bekasi, pospublik.co.id - Wali Kota Bekasi, Dr. Rahmat Effendi mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni setiap tahunnya melalui Video Conffrence bersama Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Senin, (1/6/20).

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengikuti 
Upacara di Media Center Gor Patriot Chandrabhaga Kota Bekasi melalui video confrence. Hari ulang tahun Lahirnya pancasila ini diberi Tema: Pancasila Dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju.

Hadir dalam kegiatan Upacara, Wakil Wali Kota Bekasi, Dr. Tri Adhianto, Kepala Kepolisian Resort Metro Bekasi Kota Kombes (Pol) Wijonarko, SIk, Komandan Distrik Militer 0507 Bekasi, Letkol (Inf) Rama Pratama, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Bekasi, Chairuman, Ketua Forum Komuniasi antar Umat Beragama (FKUB) Abdul Manan, Sekretaris Daerah Kota Bekasi Reny Hendrawati, serta para Pejabat Eselon II dan III.
Forkopinda Kota Bekasi
Suasana Hari Lahirnya Pancasila kali ini jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Upacara biasanya cukup meriah dan diadakan di lapangan terbuka. Berbagai keiatan lazim diadakan untuk memeriahkan hari kelahiran pancasila ini.

Namun tahun ini, akibat pandemi Covid 19, upacara hanya dapat disaksikan dalam virtual/video confrence. Walikota Bekasi bersama Forkopinda hanya melalui Media Center Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi.

"Tentunya, harapan kita semua, wabah pandemi covid-19 ini segera hilang agar kita bisa melakukan aktivitas seperti sediakala, misalnya, hari hari besar selalu kita peringati dengan upacara di lapangan terbuka. Namun akibat virus corona, kita harus taat peraturan upaya pencegahan," ujar Wali Kota.
Paling Depan, Walikota Bekasi, Dr. Rahmat Effendi (masker kuning) dan Wakil Walikota, Dr. Tri Adhianto
Dalam sambutannya Presiden Republik Indonesia menyampaikan, kendati ditengah pandemi Virus Covid-19, harus tetap semangat dalam menjalankan Upacara Hari Lahir Pancasila ini walaupun dengan melalui media elektronik. Harus tetap menggalang kesatuan dan persatuan. Kepedulian untuk saling berbagi dapat memperkokoh persaudaraan. Membantu meringankan beban sesama akan menumbuhkan rasa seperjuangan untuk mengatasi masalah-masalah yang ada.

Nilai-nilai luhur pancasila harus lahir secara nyata dalam kehidupan kita. Pancasila harus terus hidup dalam setiap sendi-sendi kehidupan kita.

"Saya takan henti-henti mengajak seluruh penyengglara negara dari pusat hingga ke  daerah untuk selalu peduli kepada masyarakat yang sedang kesulitan. Melayani masyarakat tanpa membeda-bedakan Kelompok, Suku, Ras dan Agama. Memenuhi kewajiban melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia," ujar Presiden dalam pidato kenegaraannya.
Walikota Dan Wskil Walikota Bekasi Sedang Menyimak Pidato Presiden RI (Foto/Humas Pemkot Bekasi)
Wali Kota Bekasi mengucapkan bahwa ideologi bangsa kita adalah pancasila. "Kita harus menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam kondisi apapun, termasuk dalam masa pandemi Civid-19 ini. Bhineka Tunggal Ika harus kita junjung tinggi untuk membangun solidaritas antar umat beragama, golongan, suku dan budaya. Kita bersatu dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," Tegas Walikota Berpesan. (Sat/Ndoet)

TerPopuler