Pergerakan Pelajar SMA Sederajat Secara Simultan Untuk Demo Diduga Dimotori

Pergerakan Pelajar SMA Sederajat Secara Simultan Untuk Demo Diduga Dimotori

Rabu, 25 September 2019, 3:04:00 AM
Ratusan Siswa SMA Sederajat Hendak Demo KeJakarta yang Diamankan Polrestro Bekadi Kota

Bekasi Kota POSPUBLIK.CO.ID - Rencana aksi pelajar sekolah menengah atas dan kejuruan (SMA/K) ke Jakarta digagalkan Polrestro Bekadi Kota. Ratusan pelajar yang berasal dari Kota Bekasi, dan Karawang Jawa Barat, diamankan Polrestro Bekasi Kota, dari beberapa titik pemberangkatan menuju Jakarta.
Pelajar berseragam putih abu-abu tersebut berhasil diamankan tim Polrestro Bekasi Kota dari beberapa titik diwilayah hukum polrestro Bekasi Kota. Salah satu titik kumpul yang disisir afalah Stasiun Kereta Api Bulan-bulan Kota Bekasi.
Ketika dilakukan interogasi dan disuruh buka baju oleh anggota KePolisian Resort Kota Bekadi, sejumlah pelajar tersebut dipenuhi tato disekujur tubuhnya. Mereka mengaku alumni rombongan SMA/K yang hendak ke Jakarta.
Menurut Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Indarto, M.SIk, sebelumnya dilakukan obserfasi, dirinya sudah mendapat informasi akan ada mobilisasi pelajar.
“Tadi pagi saya sudah mendapatkan informasi bahwa akan ada hajatan pelajar untuk kumpul di Jakarta,” kata Indarto kepada wartawan, Rabu (25/9/2019).
Indarto mengakui, mendapatkan informasi tersebut, Dia pun segera melakukan kordinasi kepada sekolah dan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi.
“Kita juga sudah pasang anggota dibeberapa titik, seperti di terminal dan stasiun kereta Api,” tegasnya.
Selain mengamankan dari stasiun Kereta Api lanjut Kapolrestro Bekasi Kota, Indarto, anggotanya juga berhasil mengamankan pelajar yang sedang berjalan kaki, dan sebahagian naik mobil hendak berangkat ke Jakarta.
Indarto mencurigai bahwa pelajar tersebut ada yang menggerakkan. Alasannya, kata dia, tidak mungkin mereka bergerak secara bersamaan kalau tidak ada yang menggerakkan.
“Anggota kami masih melakukan pendalaman, karena dari indikasi awal sepertinya ada yang menggerakkan. Kita juga berhasil mengamankan kartu kartu kereta dari pelajar,” jelasnya seraya menyebut tidak mungkin para pelajar secara simultan bergerak kalau tidak ada yang kordinir.
Indarto berpesan kepada orangtua siswa supaya segera melihat anaknya. Apakah mereka sudah pulang sekolah atau belum.
“Pastikan sekarang juga anak-anak anda sudah pulang sekolah dan berada dirumah. Daripada mereka terpengaruh untuk datang ke Jakarta, berdemo sekedar ikut-ikutan,” pesan Indarto. (Mars)

TerPopuler