Terminal Tipe A Kota Bekasi Akan Segera di Bangun

Terminal Tipe A Kota Bekasi Akan Segera di Bangun

Rabu, 24 April 2019, 5:38:00 AM

BEKASI, POSPUBLIK.CO.ID – Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono mengatakan, pembangunan terminal tipe A di daerah Jatiwarna, Kec. Jatiasih, Kota Bekasi masih menunggu penyerahan aset dari Pemerintah Kota Bekasi.

Bambang pun berharap penyerahan aset itu bisa rampung tahun 2019 ini, sehingga pembangunan terminal tipe A tersebut bisa dilaksanakan pada tahun 2020.

“Pemkot Bekasi ingin menyerahkan asetnya ke BPTJ, nah sekarang lagi proses. Kita nggak bisa bangun kalau memang asetnya belum diserahkan ke pusat,” kata Bambang saat dikonfirmasi, Selasa (23/4/2019).

Bambang menambahkan, saat ini penyerahan aset sedang dalam proses dari Pemkot Bekasi. Setelah penyerahan aset selesai, BPTJ di bawah Kementerian Perhubungan ini baru bisa membangun terminal tipe A tersebut.

“Untuk penyerahan aset itu kan ada tahapan-tahapannya, harus koordinasi dengan kementerian keuangan terkait dengan aset dan segala macemnya. Setelah itu baru kita bisa lakukan eksekusi,” ujar Bambang.

Sambil menunggu proses penyerahan aset selesai, BPTJ juga barengi hal itu dengan membuat perencanaan induk yang menjadi pedoman dalam pembangunan (master plan) terminal tipe A.

“Kita sekarang sedang menyusun master plan kita pararel jangan saling menunggu nanti kelamaan,” tutur Bambang.

Adapun terminal Bekasi tipe A dibangun untuk mendukung operasional terminal Pulo Gebang di timur Jabodetabek. Nantinya akan ada juga transportasi yang terintegrasi untuk menuju terminal Bekasi tipe A.

Selain itu, terminal itu nantinya juga dijadikan sebagai relokasi terminal induk Bekasi di Jalan Cut Meutia, Bekasi Timur yang sudah dalam kondisi tidak mampu lagi menampung aktivitas keluar-masuk angkutan umum yang semakin padat. [kc/raja]

TerPopuler